Jadwal Kereta Api Pasundan : Siap Untuk Perjalanan Panjang?

Berikut adalah jadwal kereta api Pasundan berdasarkan Gapeka 2023. Melayani rute Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp dengan waktu tempuh 14 jam sekali perjalanan. Siapkah untuk melakukan perjalanan panjang di jalur selatan?

Pendahuluan

Sebelumnya kita telah membahas profil KA Pasundan. Sebuah layanan kereta ekonomi di koridor Bandung Surabaya. Kereta ini mulai beroperasi di awal tahun 2000-an. Menggantikan peran KA Badrasurya yang telah lama dinas dan punya sejarah panjang.

KA Pasundan Awalnya Ekonomi Subsidi

Di masa awal operasionalnya KA Pasundan termasuk katagori kereta ekonomi bertarif murah. Karena mendapatkan subsidi dari pemerintah. Nggak heran kalo kereta ini menjadi favorit traveler untuk perjalanan pagi dan siang hari. Walaupun di sisi lain banyak berhentinya.

Jadi Kereta Komersial dan Berbagi Rangkaian

Hingga memasuki Gapeka 2014, kereta inipun masih menerapkan tarif subsidi (PSO). Barulah sekitar tahun 2018 subsidinya dicabut dan sejak itu gunakan tarif komersial.

Saat Gapeka 2019 KA Pasundan berbagi rangkaian dengan Kahuripan. Menggunakan rangkaian yang sama milik Dipo Kereta Api Bandung (BD) secara bergantian. Serupa dengan Kereta Api Matarmaja berbagi dengan Bengawan.

Walaupun tarifnya bukan lagi subsidi, kereta yang dipake masih ekonomi lama dengan stamformasi kursi 2-3 berhadapan. Sama seperti ekonomi subsidi lain dan Commuter Line Bandung Raya. Apalagi ini juga harus berbagi dengan Kahuripan.

menempuh perjalanan bandung surabaya 14 jam

Jadwal Kereta Api Pasundan di Gapeka 2023

Tanggal 1 Juni 2023, Gapeka 2023 mulai diterapkan. Hal ini tentu berpengaruh pada Jadwal Kereta Api Pasundan. Walaupun nggak banyak berubah, pola perjalanannya masih sama. Terutama dalam hal penggunaan rangkaian yang harus berbagi dengan Kahuripan.

Jadwal Kereta Api Pasundan : Kiaracondong – Surabaya Gubeng

Jadwal Kereta Api Pasundan : Surabaya Gubeng – Kiaracondong

Jadwal Kereta Api Pasundan dan Pola Pemakaian Rangkaian

Anggaplah Dipo Kereta Api Bandung menyediakan 2 trainset (TS) dimana TS1 dipakai KA Pasundan dan TS 2 nya Kahuripan. Berdasarkan jadwal kereta api Pasundan di Gapeka 2023, dengan asumsi pakai TS1, perjalanan dimulai dari Stasiun Kiaracondong jam 10.05 WIB. Ini adalah KA 240.

KA 240 tiba di Stasiun Surabaya Gubeng jam 23.54 WIB. Kemudian persiapan untuk diberangkatkan lagi sebagai KA 239 jam 05.50 WIB dengan durasi perjalanan kurang lebih sama 14 jam. Nah nyampe di Stasiun Kiaracondong 19.28 WIB.

TS 1 ini istirahat dulu 3 jam di Kiaracondong, lalu jam 22.15 berangkat lagi sebagai KA Kahuripan (238). Sementara itu TS2 dinas sebagai KA Kahuripan 237 tiba di Kiaracondong jam 05.35 WIB.

Jadi untuk Jadwal Kereta Api Pasundan di keesokan hari sebagai KA 240 menggunakan TS2 yang sebelumnya dinas sebagai Kahuripan. Besoknya lagi balik ke TS1. Begitu terus secara bergantian.

Siapkah Untuk Perjalanan Panjang?

Nah bila kamu ingin traveling ke Surabaya dengan budget terjangkau, KA Pasundan mungkin bisa jadi pertimbangan. Memang secara harga tiket juga paling murah. Mulai dari Rp 220.000 hingga 270.000,00.

Namun ada konsekuensinya, siapkah kamu untuk perjalanan panjang di jalur selatan selama kurang lebih 14 jam? Apalagi KA Pasundan masih mengunakan trainset ekonomi 106 penumpang layaknya ekonomi subsidi. Memang ada harga ada konsekuensinya.