KA Logawa ke Banyuwangi : Terkendala di Terowongan Grahan

ka logawa ke banyuwangi terkendala di terowongan grahan

Ujicoba Perpanjangan Rute KA Logawa ke Banyuwangi mengalami kendala di Terowongan Grahan. Sarana Ekonomi Stainless Steel New generation (SSNG) ternyata hampir mentok dinding terowongan peninggalan Belanda itu. PT. KAI akan lakukan evaluasi namun ada isu akan downgrade sementara.

Pendahuluan

Gapeka Baru tanggal 1 Februari 2025 mendatang ternyata ada perpanjangan rute sejumlah KA Jarak Jauh. Salah satu yang akan mengalami perpanjangan ialah Kereta Api Logawa rute Purwokerto Jember PP. Sejak sebelum pergantian tahun, telah banyak wacana dan permintaan agar kereta yang dinas sejak 1999 tersebut rutenya diperpanjang hingga Stasiun Ketapang di Banyuwangi.

Memang saat ini telah ada beberapa KA Jarak Jauh yang melayani rute ke ujung timur Pulau Jawa itu. Satu diantaranya memegang rekor rute terpanjang di Indonesia, yakni KA Blambangan Ekspres. Nah apabila terealisasi, Kereta Api Logawa akan ikut meramaikan jalur Banyuwangi.

Ketika pemesanan tiket untuk tanggal 1 Februari 2025 mulai dibuka, Kereta Api Logawa ternyata nggak muncul. Berarti memang udah kode ini benar diperpanjang sampai Stasiun Ketapang. Tentunya sebelum itu harus lebih dulu ujicoba. Namun sayang ujicoba tersebut mengalami kendala. Seperti apa ya?

KA Logawa ke Banyuwangi : Terdapat Dua Terowongan Peninggalan Belanda

Kereta Api Logawa akan melewati segmen Jember-Ketapang. Dimana ini merupakan lintas pegunungan. Kereta akan melewati dua terowongan peninggalan Belanda yakni Grahan dan Mrawan yang menembus pegunungan Gumilir. Kemudian menyeberangi Jembatan Sungai Logonto sebelum masuk Stasiun Rogojampi.

Nyaris Mentok di Terowongan Grahan

Ujicoba KA Logawa ke Banyuwangi yang sebelumnya lancar ternyata mengalami masalah ketika memasuki Terowongan Grahan. Dimana body kereta ekonomi Stainless Steel New Generation (SSNG) nyaris mentok ke dinding terowongan. Belum lagi kontur terowongan yang terdapat tikungan di dalam semakin mempersulit laju kereta. Alhasil ujicoba pun terhenti.

kereta ekonomi ssng nyaris mentok dinding terowongan peninggalan belanda

KA Logawa ke Banyuwangi : PT KAI Akan Evaluasi

Terkait dengan KA Logawa yang nyaris gasruk di Terowongan peninggalan Belanda itu, PT. KAI Daop 9 Jember akan melakukan evaluasi. Apakah rencana perpanjangan rute hingga ujung timur Pulau Jawa itu lanjut atau berhenti. Tentunya PT.KAI sendiri telah berkomitmen penuh dalam hal keselamatan perjalanan.

KA Logawa ke Banyuwangi : Isu Downgrade Sarana Sementara

Namun juga muncul isu bahwa untuk sementara waktu Kereta Api Logawa akan downgrade sarana ke Premium Stainless Steel Generasi ke-1 (SS Gen 1). Mengingat wacana perpanjangan rute itu juga telah melibatkan pejabat daerah setempat. Sehingga sulit untuk mengembalikan kereta api Logawa ke rute aslinya di Purwokerto-Jember PP.

Nantinya PT. INKA akan membuat sarana SSNG baru dengan body lebih ramping daripada yang beroperasi saat ini. Secara memang masih banyak terowongan peninggalan Belanda yang lain selain Grahan. Perubahan sarana apalagi downgrade boleh jadi akan memunculkan pro dan kontra. Namun dalam hal ini kita masih harus menunggu info lebih lanjut. Downgrade atau balik Jember.

Kesimpulan

Ujicoba perpanjangan rute KA Logawa ke Banyuwangi mengalami kendala di terowongan Grahan. Body kereta ekonomi SSNG hampir mentok dinding terowongan peninggalan Belanda itu. PT. KAI sendiri akan melakukan evaluasi terkait dengan insiden ini. Meski di sisi lain terdapat isu liar downgrade sarana ke Premium SS Gen-1 untuk sementara waktu.

Comments

Leave a Reply