Rute terpanjang di Indonesia akhirnya pecah oleh KA Blambangan Ekspres. Dengan rute Jakarrta Pasar Senen Ketapang PP. Perpanjangan ini memakan korban kereta lain yang akhirnya harus pakai sarana darurat. Berhenti dimana saja?
- Pendahuluan
- KA Blambangan Ekspres : Awalnya Melayani Rute Semarang – Ketapang PP
- KA Blambangan Ekspres : Rekor Itu Pecah!
- Primadona Baru di Pulau Jawa
- KA Blambangan Ekspres Berhenti Dimana Saja? (Jadwal Perjalanan)
- Campuran Ekonomi New Generation Modifikasi dan Eksekutif
- Kereta Api Banyubiru Jadi Tumbal
- Kesimpulan
Pendahuluan
Kereta dengan rute terpanjang di Indoensia sebetulnya pernah ada. Dulu sekitar tahun 2013 kita pernah mengenal ada KA Krakatau. Awalnya kereta ini melayani rute Merak Madiun PP. Namun kemudian diperpanjang sampai Stasiun Blitar. Inilah yang mengantarkannya punya rute terpanjang di Indonesia.
Sayang rute ini hanya bertahan sampai tahun 2017. Bersamaan dengan Jalur Kulon (Merak) yang hanya diperuntukkan layanan Commuter Line, rute kereta ini dipotong menjadi hanya dari Stasiun Jakarta Pasar Senen ke Stasiun Blitar via Stasiun Kereta Api Purwokerto. Namanya juga berubah jadi Singasari.
Lantas rute terpanjang berpindah ke KA Ranggajati rute Cirebon-Jember PP. Namun kini kereta dengan rute terpanjang dan paling jauh di Indonesia telah terpecahkan lagi sejak 26 Juli 2024. Kereta apakah yang menggeser posisi KA Ranggajati?
KA Blambangan Ekspres : Awalnya Melayani Rute Semarang – Ketapang PP
Nah kereta yang dimaksud memang ini. Namun sebenarnya kereta ini mulai beroperasi pada 2 Desember 2022 dengan rute dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng ke Stasiun Ketapang dan sebaliknya. Pengoperasian yang sebenarnya memakan korban yakni Sang Legenda KA Mutiara Timur.
Saat itu KA Mutiara Timur melayani rute Ketapang-Yogyakarta PP. Namun sarananya kadang dipakai oleh KA Joglosemarkerto untuk rute Cilacap-Yogyakarta PP. Sampai akhirnya dialihkan ke Blambangan. Sedangkan Sang Legenda harus vakum untuk sementara waktu.

KA Blambangan Ekspres : Rekor Itu Pecah!
Sejarah baru dalam perkeretaapian Indonesia terjadi di tanggal 26 Juni 2024. Rute KA Blambangan Ekspres diperpanjang sampai Stasiun Jakarta Pasar Senen. Untuk pertama kalinya konektivitas langsung Jakarta dan Banyuwangi terwujud.
Rekor kereta dengan rute terpanjang dan paling jauh di Indonesia yang semula milik KA Ranggajati pun bergeser ke sini. Rekor pun pecah! Sebenarnya isu akan adanya kereta langsung Jakarta ke Banyuwangi telah lama berhembus. Begitupula dengan perpanjangan rute kereta ini.

Primadona Baru di Pulau Jawa
KA Blambangan Ekspres dengan rute dari Stasiun Jakarta Pasar Senen ke Stasiun Ketapang dan sebaliknya bukan hanya memecah rekor. Hal tersebut turut menjadikannya sebagai primadona baru di Pulau Jawa. Nggak sedikit masyarakat yang ingin menjajal kereta ini. Merasakan seperti apa perjalanan dari Jakarta ke Banyuwangi tanpa transit.
KA Blambangan Ekspres Berhenti Dimana Saja? (Jadwal Perjalanan)
Perpanjangan rute hingga Stasiun Jakarta Pasar Senen otomatis menambah jumlah pemberhentian kereta ini. Terutama untuk segmen Jalur Kereta Pantura Barat. Seperti Stasiun Tegal, Cirebon, hingga Bekasi jadi persinggahan sang Primadona.
Untuk mengetahui berhenti dimana sajakah kereta ini, berikut adalah jadwal perjalanannya:
Rute Jakarta Pasar Senen – Ketapang
No KA | Stasiun | Datang | Berangkat |
186/183A | Jakarta Pasar Senen | 12.15 | |
Cirebon | 15.09 | 16.14 | |
Tegal | 16.10 | 16.14 | |
Pekalongan | 16.59 | 17.02 | |
Semarang Tawang Bank Jateng | 18.17 | 18.27 | |
Ngrombo | 19.11 | 19.13 | |
Cepu | 20.14 | 20.17 | |
Bojonegoro | 20.45 | 20.47 | |
Lamongan | 21.35 | 21.38 | |
Surabaya Pasar Turi | 22.12 | 22.20 | |
Surabaya Gubeng | 22.35 | 22.45 | |
Sidoarjo | 23.11 | 23.13 | |
Bangil | 23.35 | 23.39 | |
Pasuruan | 23.57 | 23.59 | |
Probolinggo | 00.34 | 00.39 | |
Klakah | 01.15 | 01.24 | |
Tanggul | 01.55 | 01.57 | |
Rambipuji | 02.17 | 02.19 | |
Jember | 02.31 | 02.39 | |
Kalibaru | 03.41 | 03.43 | |
Kalisetail | 04.00 | 04.02 | |
Temuguruh | 04.11 | 04.13 | |
Rogojampi | 04.25 | 04.27 | |
Banyuwangi Kota | 04.40 | 04.42 | |
Ketapang | 04.55 |
Rute Ketapang – Jakarta Pasar Senen
No KA | Stasiun | Datang | Berangkat |
184/185A | Ketapang | 14.50 | |
Banyuwangi Kota | 15.03 | 15.06 | |
Rogojampi | 15.18 | 15.20 | |
Temuguruh | 15.32 | 15.34 | |
Kalisetail | 15.43 | 15.45 | |
Kalibaru | 16.02 | 16.04 | |
Jember | 17.04 | 17.10 | |
Rambipuji | 17.22 | 17.29 | |
Tanggul | 17.47 | 17.58 | |
Klakah | 18.25 | 18.28 | |
Probolinggo | 19.18 | 19.25 | |
Pasuruan | 19.58 | 20.02 | |
Sidoarjo | 20.46 | 20.48 | |
Surabaya Gubeng | 21.13 | 21.28 | |
Surabaya Pasar Turi | 21.32 | 21.37 | |
Lamongan | 22.09 | 22.11 | |
Bojonegoro | 22.57 | 22.59 | |
Cepu | 23.27 | 23.30 | |
Ngrombo | 00.26 | 00.28 | |
Semarang Tawang Bank Jateng | 01.13 | 01.24 | |
Pekalongan | 02.32 | 02.35 | |
Tegal | 03.19 | 03.22 | |
Cirebon | 04.17 | 04.22 | |
Karawang | 06.15 | 06.17 | |
Bekasi | 06.49 | 06.51 | |
Jakarta Pasar Senen | 07.15 |
Campuran Ekonomi New Generation Modifikasi dan Eksekutif
Sarana yang dipakai oleh KA Blambangan Ekspres adalah campuran ekonomi New Generation Modifikasi dan Eksekutif. Kereta ekonomi ini mirip dengan yang ada di KA Brantas dan Dharmawangsa. Sebelum dimodifikasi, sarana ini pernah menjadi milik KA Mutiara Timur yang rolling dengan KA Joglosemarkerto rute Cilacap.

Kereta Api Banyubiru Jadi Tumbal
Ketika melayani rute Semarang Ketapang PP, sarana KA Blambangan Ekspres juga dipakai oleh Kereta Api Banyubiru tujuan Stasiun Solo Balapan. Ketika KA Ekonomi Plus Kemenhub nya dimodifikasi jadi New Generation, Kereta Api Banyubiru seperti ketiban durian runtuh.
Sayangnya perpanjangan rute Blambangan sampai Jakarta menumbalkan Kereta Api Banyubiru. Agar tetap beroperasi dengan layanan kelas yang setidakya mendekati, Kereta Api Banyubiru pakai rangkaian darurat. Sarana tersebut adalah campuran kereta eksekutif dan bisnis. Ini berlaku untuk perjalanan KA 210F dan 207F.

Kesimpulan
KA Blambangan Ekspres mulai beroperasi 2 Desember 2022 dengan rute Semarang Tawang Bank Jateng – Ketapang PP. Dengan sarana yang sebelumnya pernah digunakan oleh KA Mutiara Timur dan Joglosemarkerto rute Cilacap.
Mulai 26 Juni 2024 rute kereta ini diperpanjang ke Stasiun Jakarta Pasar Senen. Hal tersebut menjadikannya sebagai kereta dengan rute terpanjang di Indonesia. Menggeser posisi KA Ranggajati. Perpanjangan yang sebenarnya malah menumbalkan Kereta Api Banyubiru. Sehingga harus memakai sarana darurat untuk sementara waktu.
Leave a Reply