lrt jabodebek bekasi pancoran masih flat dan lanjut transjakarta

LRT Jabodebek Bekasi Pancoran : Masih Flat Lanjut Transjakarta

Trip LRT Jabodebek Bekasi Pancoran ketika tarif masih flat Rp 5.000,00. Berangkat dari Stasiun Jatibening Baru, lebih dulu ke Jatimulya dan lanjut Cikoko. Kemudian lanjut Transjakarta Koridor 9 sampai Halte Pancoran Tugu.

Pendahuluan

Nikmati selagi tarifnya masih flat. Perjalanan di tanggal 18 September 2023. Waktu itu LRT Jabodebek masih menerapkan tarif flat Rp 5.000 jauh maupun dekat. Karenanya mesti dinikmati banget. Belum tentu dengan tarif normal nanti masih bisa menikmati. Mengingat harus memperhitungkan budget juga.

Banyak memang yang menikmati fenomena macam ini. Selagi murah dan flat kenapa nggak nyobain relasi sejauh mungkin. Karena itu tadi, kalo udah normal belum tentu bisa main jauh naik LRT Jabodebek.

Trip LRT Jabodebek Bekasi Pancoran : Start Jatibening Baru

Pada kesempatan kali ini perjalanan yang akan dijajal ialah Bekasi Pancoran. Sebelum ada LRT Jabodebek, waktu tempuh kedua lokasi itu bisa satu jam lebih. Nah dengan beroperasinya moda transportasi kereta ringan itu waktu tempuh bisa dipersingkat. Makanya selagi masih Rp 5.000,00 dicoba dulu deh.

Trip LRT Jabodebek Bekasi Pancoran kali ini akan memulai perjalanan dari Stasiun Jatibening Baru. Stasiun ini tepat berada di perbatasan antara Bekasi dan Jakarta Timur. Namun bila dilihat posisinya udah masuk Bekasi. Jadi seandainya dari sini langsung ke Pancoran pun tetap dihitung dari Bekasi.

Ke Stasiun Jatimulya Dulu

Namun mengingat masih periode promo dan nggak ada yang dikejar, jadilah perjalanan kali ini lebih dulu menuju Stasiun Jatimulya di Bekasi Timur. Setelahnya barulah menuju Pancoran via Stasiun Cikoko. Karena ke Jatimulya ambil peron yang mengarah ke Timur.

Melewati 3 Stasiun

Perjalanan dari Stasiun Jatibening Baru ke Jatimulya masih menelusuri Jalan Tol Jakarta Cikampek. Selain dengan tol, jalurnya pun bersisian dengan Kereta Cepat (KCIC) yang waktu itu juga lagi ada ujicoba gratis terbatas. Perjalanan etape pertama ini melewati 3 stasiun yakni Cikunir 1, Cikunir 2, dan Bekasi Barat.

LRT Jabodebek Bekasi Pancoran : Di Jatimulya Pindah Peron

Nggak perlu menempuh waktu terlalu lama perjalanan tiba di Stasiun Jatimulya. Eits belum selesai ya, sekarang waktunya balik barat sampai dengan Pancoran. Begitu kereta tiba di Jatimulya nggak pake lama langsung tap out udah itu tap ini lagi untuk pindah jalur arah Dukuh Atas

LRT Jabodebek Bekasi Pancoran : Pake Trainset Sama

Ada yang unik dimana perjalanan balik barat LRT Jabodebek Bekasi Pancoran ini masih pake trainset yang sama dengan keberangkatan ke Jatimulya tadi. Padahal ada satu trainset lagi standby di stasiun dekat Grand Dhika City itu. Nyatanya masih pake trainset sebelumnya. Lalu buat apa trainset standby itu? Bisa aja buat cadangan.

Berangkat Menuju Stasiun Cikoko

LRT Jabodebek berangkat dari Jatimulya. Tujuannya Stasiun Cikoko di Cawang. Lho katanya Pancoran? Memang begitu tapi perjalanan naik LRT Jabodebek nya turun di Cikoko dan melanjutkan perjalanan dengan Bus Transjakarta. Balik lagi ke sini, sampai dengan Stasiun Jatibening Baru pola perjalanan masih sama. Melewati 3 stasiun yang sama.

Stasiun Halim Belum Beroperasi

Perjalanan kali ini selain tarifnya masih flat juga LRT Jabodebek belum melayani perjalanan dari Stasiun Halim. Meski di satu sisi Whoosh atau Kereta Cepat udah jalan, Stasiun Halim masih belum dioperasikan karena sepertinya belum siap. Whoosh nya sendiri masih gratis terbatas dengan 4 perjalanan dari Halim dan Tegaluar Bandung.

Stasiun Cawang versi LRT Jabodebek

Pemberhentian berikutnya adalah Stasiun Cawang. Di sini adalah titik pertemuan dengan jalur dari Harjamukti Cibubur. Namun ada yang mesti diingat bahwa nama Stasiun Cawang ini adalah stasiun nya LRT Jabodebek. Untuk membedakan dengan satunya yang jadi bagian dari Bogor Line KRL Commuter Line.

Dari segi posisi, Stasiun Cawang ini berada tepat di Simpang Susun dan di samping gedung BNN. Juga telah terintegrasi dengan Halte Transjakarta Cawang BNN yang melayani bus jurusan Ancol, Grogol, hingga Pluit.

LRT Jabodebek Bekasi Pancoran : Transit Stasiun Cikoko

Tanpa terasa perjalanan LRT Jabodebek Bekasi Pancoran telah tiba di Stasiun Cikoko. Di sinilah perjalanan menggunakan LRT Jabodebek berakhir. Selanjutnya pindah moda transportasi ke Transjakarta Koridor 9 menuju Halte Pancoran Tugu.

Ternyata Stasiun Cikoko terintegrasi 3 moda sekaligus. Selain Transjakarta Koridor 9, stasiun ini melayani integrasi dengan KRL Commuter Line via Stasiun Cawang. Tentunya untuk penumpang jurusan Depok, Nambo dan Bogor. Ini juga bisa jadi alternatif biar nggak numpuk di Stasiun Manggarai.

Oh iya, Stasiun Cawang untuk KRL Commuter Line sebetulnya terletak di daerah Cikoko. Hal yang sama juga terlihat di halte Transjakarta dengan nama CIkoko Cawang. Nah setelah tap out dari LRT Jabodebek selanjutnya tap in di Halte Transjakarta. Cukup nyaman memang walaupun tangga untuk ke halte nya sempit. Untuk kartunya pakai KMT 2019.

Lanjut Transjakarta Sampai Disambut Patung Dirgantara.

Perjalanan menggunakan Transjakarta Koridor 9 hanya berhenti di satu halte yakni Tebet Ecopark. Setelahnya nggak ada halte lagi sampai tiba di Pancoran Tugu. Lalu lintas cukup lancar dan hanya tersendat sedikiit jelang Halte Pancoran Tugu. Akhirnya nyampe juga disitu. Tap out dan langsung disambut Patung Dirgantara.

Biaya Transportasi Hanya Rp 13.500

Berapa biaya transportasi yang dihabiskan untuk Trip LRT Jabodebek Bekasi Pancoran? Karena tadi ke Jatimulya dulu biaya yang dihabiskan semuanya ialah Rp 13.500. Rinciannya masing-masing Rp 5.000 untuk dua trip LRT Jabodebek dan Rp 3.500 untuk Transjakarta.

Tapi mesti diingat ya, ini LRT Jabodebek nya masih promo pake tarif flat Rp 5.000,00. Untuk transaksi pembayarannya menggunakan KMT 2019 dengan teknologi Felica.

Kesimpulan

Trip LRT Jabodebek Bekasi Pancoran ketika masih menerapkan tarif flat Rp 5.000,00. Berangkat dari Stasiun Jatibening Baru ke Jatimulya dulu. Setelah itu baru ke Pancoran via Stasiun Cikoko.

Selain masih pake tarif flat, Stasiun Halim yang terintegrasi dengan Kereta Cepat belum beroperasi dan melayani penumpang. Meskipun waktu itu Kereta Cepat Whooos udah beroperasi secara terbatas dengan tiket gratis.

Perjalanan ke Jatimulya melewati 3 stasiun. Balik barat turun di Stasiun Cikoko yang terintegrasi Transjakarta dan KRL Commuter Line. Pindah naik bus Transjakarta Koridor 9 turun di Halte Pancoran Tugu. Begitu datang disambut Patung Dirgantara. Total tarif semuanya Rp 13.500,00.

Galeri Foto

Catatan: Foto yang diambil nggak banyak, untuk tau lebih detil bisa tonton videonya

Video

Video LRT Jabodebek Bekasi Pancoran dibagi jadi 2 sesuai dengan etape perjalanannya

LRT Jabodebek Jatibening Baru – Jatimulya (Masih Tarif Flat 5 Ribu)