Meski nggak layani Feeder KCJB upgrade Stasiun Cimindi tetap jalan. Menariknya saat ini lagi dibuat bangunan baru di sisi Gunung Batu. Wah bakal ada peron utara nih?
Pendahuluan
Lintas kereta api lokal Bandung Raya terus dibenahi. Disamping untuk mempersingkat headway komuter andalan dengan membangun double track, sisi baratnya pun ikut dibenahi.
Hal ini nggak lepas dari persiapan mengoperasikan Kereta Feeder KCJB bersamaan dengan Kereta Cepat Jakarta Bandung nya sendiri. Apalagi progres kini telah mencapai lebih dari 85%. Trainset nya pun telah ada di Tegaluar.
Untuk layanan Feeder itu sendiri mengambil rute Padalarang – Bandung. Namun sepanjang perjalanan hanya berhenti di Stasiun Cimahi. Meski stasiun lain nggak ada layanan bukan berarti dicuekin sama sekali.
Biar gimanapun juga frekuensi Feeder nantinya akan mengikuti Kereta Cepat. Karenanya beberapa JPL pun ditutup. Tak hanya itu stasiun diluar layanan Feeder ternyata ikut dibenahi. Salah satunya ialah Cimindi. Seperti apa upgrade nya?
Upgrade Stasiun Cimindi, Sebenarnya Strategis
Stasiun Cimindi aslinya mirip Stasiun Tebet di Daop 1 Jakarta. Posisinya sangat strategis. Sayangnya area sekitarnya masih berantakan. Beda dengan Tebet yang udah rapi apalagi jadi Transit Oriented Development (TOD).
Posisi stasiun berdekatan dengan pintu perlintasan. Sebetulnya udah ada Fly Over sejak tahun 1990-an. Namun jalur bawah masih dioperasikan. Nah inilah yang bikin semrawut.
Memang nantinya akan dibangun Fly Over baru dan menutup JPL demi mendukung Feeder KCJB. Namun upgrade Stasiun Cimindi ternyata ikut dikerjakan. Boleh jadi bagian dari pembenahan itu sendiri.
Upgrade Stasiun Cimindi di Gunung Batu
Secara administrasi stasiun ini masih berada di wilayah Kota Bandung. Tepatnya di Kecamatan Andir. Namun daerah Cimindi sendiri memang telah menjadi bagian dari Kota Cimahi. Hanya saja nggak mencakup stasiun.
Bahkan kawasan Terusan Pasteur sebetulnya bisa diakses dari sini melalui Gunung Batu. Namun akses stasiun belum mengakomodasi daerah itu. Saat ini hanya tersedia pintu selatan yang langsung ke pasar.
Nah Upgrade saat ini diantaranya membangun sebuah gedung di sisi Gunung Batu (utara). Hal ini diperlukan untuk mempermudah akses. Terlebih bagi warga Gunung Batu yang hendak naik KA Lokal Bandung Raya maupun KA Garut Cibatuan.
Bisa Jadi Bakal Ada Pintu Utara
Nah dengan demikian boleh jadi upgrade Stasiun Cimindi yang hingga kini telah memiliki 3 jalur bakal ada pintu utara. Apalagi bila nantinya JPL ditutup dan digantikan Fly Over baru.
Kan repot dan berisiko sekali apabila harus menyeberangi rel diluar stasiun. Secara frekuensi Feeder KCJB itu sendiri diprediksi bakalan banyak. Jadi memang mengikuti rencana Fly Over baru.
Kesimpulan
Bisa jadi upgrade Stasiun Cimindi akan memiliki akses pintu utara langsung ke Gunung Batu. Terlebih rencananya nanti JPL akan ditutup dan digantikan Fly Over baru. Guna mendukung operasional Feeder KCJB.
Leave a Reply