Berikut adalah Jadwal Kereta Stasiun Malang. Keberangkatan dan Kedatangan dari dua arah yakni Surabaya dan Blitar. Stasiun ini merupakan bagian dari Loop Line yang mulai dirintis sejak 1878.
Pendahuluan
Pada dua pembahasan sebelumnya yakni Stasiun Malang Pertama di Kota Apel dan Stasiun Malang Sisi Timur Kini Hidup Lagi lebih banyak mengangkat profil dan aspek historis dari pintu masuk utama Malang Raya tersebut.
Namun sebagaimana disebut dalam konten kedua bahwa pembahasan masih akan berlanjut. Mengingat untuk jadwal perjalanan kereta api masih belum masuk ke keduanya.
Nah pembahasan kali ini akan lebih difokuskan untuk jadwal perjalanan kereta api. Baik jadwal kedatangan dan keberangkatan. Tentunya dari dua arah: Surabaya (utara) dan Blitar (selatan)
Bagian dari Loop Line Jawa Timur
Sebelum masuk pembahasan Jadwal Kereta Stasiun Malang satu hal yang mesti diketahui ialah stasiun ini adalah bagian dari Loop Line Jawa Timur. Membentang dari Surabaya ke Blitar lalu Kertosono, Jombang, Mojokerto dan ke Surabaya lagi.
Loop line ini mulai dirintis pada tahun 1879 atau setahun setelah jaringan kereta api milik pemerintah Kolonial Belanda (Staats Spoorwegen) dirintis di Surabaya. Bersama dengan itu turut dibangun Jalur Trem Malang (1879 – 1959).
Jadwal Kereta Stasiun Malang : KAJJ dan Lokal Komuter
Jadwal Kereta Stasiun Malang meliputi perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) antar kota dan lokal Komuter seperti Kereta Api Tumapel dan Penataran. Khusus untuk Penataran itu singgah di Stasiun Malang.
Ada sisi unik di KA Penataran yakni perjalanan dari Surabaya ke Blitar via Malang bernama KA Penataran Dhoho. Adapun yang memutar ke Kertosono ialah KA Dhoho Penataran. Sebetulnya sih sama aja.
Namun demikian nama Penataran sejatinya digunakan untuk kereta tujuan Blitar via Stasiun Malang. Sedangkan rangkaian dengan tujuan sama namun lewat Kertosono dinamai Dhoho. Nanti akan ada pembahasannya inSyaaAlloh
Dengan demikian jadwal kereta Stasiun Malang akan meliputi dua arah yakni dari Surabaya dan Blitar. Berikut Rinciannya
Jadwal Kereta Stasiun Malang : Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ)
KAJJ arah Blitar
No Perka | Nama KA | Tujuan | Datang | Berangkat |
282 | Matarmaja | Jakarta Pasar Senen (via Semarang Tawang, Solo Jebres) | 02.24 | |
170 | Kertanegara | Purwokerto | 03.25 | |
74 | Brawijaya | Gambir (via Semarang Tawang, Solo Jebres) | 05.00 | |
120 | Malabar | Bandung | 06.38 | |
72 | Gajayana | Gambir (via Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta) | 07.59 | |
169 | Kertanegara | Purwokerto | 08.20 | |
281 | Matarmaja | Jakarta Pasar Senen (via Solo Jebres, Semarang Tawang) | 09.25 | |
252A | Majapahit | Jakarta Pasar Senen (via Semarang Tawang, Solo Jebres) | 10.50 | |
71 | Gajayana | Gambir (via Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon) | 14.25 | |
73 | Brawijaya | Gambir (via Solo Jebres, Semarang Tawang) | 16.00 | |
119 | Malabar | Bandung | 17.00 | |
251 | Majapahit | Jakarta Pasar Senen (via Solo Jebres, Semarang Tawang) | 18.30 |
KAJJ dari arah Dari Surabaya
No Perka | Nama KA | Tujuan | Datang | Berangkat |
106 | Jayabaya | Jakarta Pasar Senen (via Semarang Poncol, Surabaya Pasar Turi) | 06.28 | |
105 | Jayabaya | Jakarta Pasar Senen (via Surabaya Pasar Turi, Semarang Poncol) | 11.50 |
Jadwal Kereta Stasiun Malang : Lokal Komuter
Meliputi 2 kereta yakni KA Penataran dan Kereta Api Tumapel. Khusus yang pertama itu melayani jalur kantong dari kedua arah. Sementara satunya lagi adalah sang legenda yang kini jadi sapujagad. Khusus melayani segmen Stasiun Surabaya Gubeng – Stasiun Malang
Aslinya KA Penataran dipake di segmen Surabaya Kota – Blitar. Namun ketika berada di segmen Blitar – Kertosono – Surabaya Kota sejatinya memakai nama KA Dhoho. Bahkan bila rutenya berlawanan arah namanya jadi Dhoho Penataran. Sebetulnya sih sama aja ya.
Perjalanan kereta lokal komuter ini guna mengisi jalur kantong Jawa Timur yang telah dirintis oleh Staats Spoorwegen tahun 1878 hingga 1879 dari Surabaya ke Malang. Jalur kemudian diperpanjang lagi ke Blitar (1896-1897).
Adapun dari arah Kertosono, jalur dibangun tahun 1881 ke Kediri sebagai percabangan dari Jalur Kereta Solo Surabaya. Sampai akhirnya di tahun 1897 dari Kediri ke Blitar dan jadilah jalur kantong alias Loop Line.
Berlawanan Jarum Jam (Surabaya – Kertosono – Blitar – Surabaya)
No Perka | Nama KA | Tujuan | Datang | Berangkat |
368 | Tumapel | Bangil, Sidoarjo, Surabaya Kota | 04.15 | |
370 | Penataran | Bangil, Sidoarjo, Surabaya Kota | 06.05 | 06.12 |
359 | Dhoho Penataran | Bangil, Sidoarjo, Surabaya Kota | 13.02 | 13.10 |
361 | Dhoho Penataran | Bangil, Sidoarjo, Surabaya Gubeng | 17.25 | 17.40 |
363 | Dhoho Penataran | Bangil, Sidoarjo, Surabaya Kota | 19.47 | 19.52 |
Searah Jarum Jam (Surabaya – Blitar – Kertosono – Surabaya)
No Perka | Nama KA | Tujuan | Datang | Berangkat |
367 | Penataran Dhoho | Blitar, Kertosono, Surabaya Kota | 07.17 | 07.25 |
369 | Penataran Dhoho | Blitar, Kertosono, Surabaya Kota | 10.39 | 10.52 |
371 | Penataran Dhoho | Blitar, Kertosono, Surabaya Kota | 14.16 | 14.32 |
373 | Penataran | Blitar | 20.12 | 20.20 |
375 | Tumapel | Malang | 23.25 |
Kesimpulan
Jadwal kereta Stasiun Malang meliputi dua sisi yakni dari arah Surabaya dan Blitar. Posisi Stasiun Malang sendiri merupakan bagian dari jalur kantong atau apa yang disebut Loop Line.
Lintas ini mulai dibangun 1878 dari Surabaya ke Bangil hingga Malang. Kemudian dikembangkan lagi ke Blitar. Dari Kertosono ke Kediri dibangun 1881 sampai akhirnya tersambung semuanya tahun 1897.
Galeri Foto


Leave a Reply