kereta bandara yia khusus di lintas cabang baru

Kereta Bandara YIA : Beroperasi Khusus di Lintas Cabang Baru

Kereta Bandara YIA Mulai beroperasi bersamaan dengan Yogyakarta International Airport. Awalnya melayani perjalanan ke Stasiun Wojo. Selesainya stasiun bandara membuat rutenya dialihkan langsung ke sana. Sekarang beroperasi khusus di lintas cabang baru.

Pendahuluan

Kereta Bandara merupakan salah satu sarana yang dibutuhkan dalam pengembangan sebuah bandara yang modern. Di luar negeri kebanyakan Bandara Internasional dilengkapi dengan sarana dan fasilitas ini untuk menjangkau pusat kota.

Pada umumnya posisi bandara ada jauh di luar kota. Hanya beberapa aja yang dekat ke Pusat Kota. Salah satu yang jauh ialah di Jogja. Sebenarnya Jogja udah ada bandara yang lebih dekat ke Pusat Kota.

Namun sayang bandara lama di daerah Maguwo Kabupaten Sleman itu dirasa udah kurang representatif. Sulit untuk dikembangkan lebih lanjut mengingat daerah sekitarnya yang udah padat. Sehingga solusinya adalah membangun bandara baru di Kabupaten Kolonprogo.

Kereta Bandara YIA : Beroperasi Perdana Tahun 2019

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dibuka pada awal Mei 2019. Menggantikan Bandara Adi Sucipto di Maguwo Sleman yang telah lama jadi gerbang masuk Jogja via jalur udara. Bersamaan dengan itu, tanggal 6 Mei 2019 Kereta Bandara YIA resmi dinas untuk pertama kalinya.

Pengoperasian perdana kereta ini juga masih mengakomodir Stasiun Maguwo sebagai titik terdekat dengan Bandara Lama. Maklum juga sih karena masih masa transisi.

Kereta Bandara YIA : Awalnya dari Maguwo ke Stasiun Wojo

Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) sebetulnya satu paket dengan sarana dan fasilitas penunjangnya. Termasuk kereta bandara. Dimana dibuat percabangan khusus dari Stasiun Kedundang menuju lokasi Bandara. Pada saat pembangunan, stasiun dirombak total. Meski pada akhirnya hanya melayani pengaturan wesel dan sinyal seperti Kasugihan.

Ketika Bandara telah dibuka, percabangan ini belum siap. Jadi untuk sementara memanfaatkan Stasiun Wojo yang masih bagian dari Kabupaten Purworejo sebagai titik terdekat menuju bandara. Stasiun inipun diaktifkan untuk melayani penumpang dan integrasi antarmoda.

Kereta Bandara YIA ketika beroperasi di 6 Mei 2019 tujuannya ke Stasiun Wojo. Nantinya penumpang menuju bandara akan dilayani oleh Bus. Waktu itu kereta hanya terdiri dari 2 trip dengan masing-masing satu trip rute Maguwo-Wojo dan sebalikya.

Dalam perjalanannya, kereta ini melayani penumpang yang naik dan turun di Stasiun Tugu Jogja.

Kereta Bandara YIA : Dibantu Prameks rute Solo Balapan – Kutoarjo

Saat masih di rute lama, dalam pengoperasiannya kereta ini juga masih dibantu oleh KA Prameks. Khususnya di rute Solo Balapan – Kutoarjo PP. Waktu itu KA Prameks masih jadi andalan di sini dan juga Lintas Kereta Api Mataram (Vortenslanden).

Akhirnya Beroperasi di Rute Aslinya

Tanggal 27 Agustus 2021 Stasiun Bandara YIA telah selesai dan diresmikan. Begitu juga lintas cabang menuju Stasiun Kedundang. Sehingga Kereta Bandara YIA bisa beroperasi di rute aslinya. Namun baru di tanggal 1 September 2021 kereta ini mulai melayani masyarakat umum.

Beroperasi Khusus di Lintas Cabang Kedundang – Bandara YIA

Kereta Bandara YIA sekarang jadi satu-satunya yang beroperasi di Lintas Cabang Kedundang – Bandara YIA. Ini merupakan Lintas Cabang baru di Jalur Kereta Cilacap Jogja. Dibangun untuk mempermudah konektivitas dengan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo.

Sebelumnya jalur yang dibangun Staats Spoorwegen (SS) periode 1887-1894 ini telah memiliki Lintas Cabang dari Stasiun Kutoarjo ke Purworejo (Jalur KA Kutoarjo Purworejo) yang masih berstatus non-aktif. Jalur bersejarah ini sedang dijajaki untuk reaktivasi.

Rute Sekarang : Stasiun Tugu Jogja – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) via Wates

Dengan demikian sekarang Kereta Bandara YIA melayani rute dari Stasiun Tugu Jogja ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Dalam perjalanannya juga melayani penumpang di Stasiun Wates. Kecuali untuk layanan kereta ekspres.

Sedangkan untuk segmen Maguwo saat ini udah nggak lagi dilayani. Namun penumpang masih bisa transit di Stasiun Tugu Jogja dan melanjutkan perjalanan dengan KRL Joglo ke Stasiun Maguwo.

Pasca pengoperasian KRL Joglo di Lintas Kereta Api Mataram (Vortenslanden), rute kereta ini dan Commuter Line Prameks dipotong jadi hanya sampai Stasiun Tugu Jogja.

Kesimpulan

Kereta Bandara YIA pertama kali beroperasi tanggal 6 Mei 2019. Waktu itu melayani rute dari Maguwo ke Stasiun Wojo via Stasiun Tugu Jogja. Namun tanggal 1 September 2021 rutenya dirubah jadi Stasiun Tugu Jogja ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Kereta ini jadi satu-satunya yang khusus beroperasi di lintas cabang Kedundang – Bandara Internasional Yogyakarta. Kini jadi salah satu lintas cabang di Jalur Kereta Cilacap Jogja yang dibangun Staats Spoorwegen (SS) periode 1887-1894.

Galeri Foto

Lanjut ke Jadwal Perjalanan

InSyaaAlloh pembahasan akan dilanjutkan ke Jadwal Perjalanan Kereta Bandara YIA. Kini terdiri dari dua layanan: Reguler dan Ekspres. Di sana juga akan dibahas beda pola operasi kedua layanan tersebut. Juga harga tiketnya.

Jadwal Kereta Bandara YIA : Tersedia Ekspres dan Reguler