KRL Pasar Senen Cikarang

KRL Pasar Senen Cikarang Memutar atau Transit

KRL Pasar Senen Cikarang sejatinya bukanlah barang baru. Namun untuk bisa menikmati layanan baru tapi lama itu tersedia dua pilihan: memutar Jakarta via Kampung Bandan dan Tanah Abang atau Transit di Kemayoran. Karena arah Jatinegara berjalan langsung.

Penerapan SO5 Manggarai bukan sekedar menyederhanakan rute perjalanan KRL Commuter Line. Lebih dari itu juga menghidupkan lagi layanan-layanan yang dulu pernah ada di Random Era (baca zaman kegelapan KRL Ekonomi). Disebut Random era karena jadwal perjalanan nggak beraturan.

Terlebih untuk KRL Ekonomi yang banyak dibutuhkan masyarakat. Terlebih dulu layanan KRL masih mentok di Bekasi. Kalo mau ke Cikarang tersedia KRD jurusan Cikampek dan Purwakarta.

Di Random era, semua perjalanan arah timur baik Bekasi, Cikarang, hingga Purwakarta semuanya dilewati jalur Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara. Jalur yang dulunya dioperasikan BOS (Batavia Ooster Stroomtram Maatschappij). Jadi kebijakan itu boleh jadi berangkat dari sejarah panjang lintas timur yang asalnya milik BOS itu sebelum semua lintas diakuisisi oleh Staatspoorwegen (SS).

Okelah, untuk sejarah nanti akan ada pembahasan sendiri ya, inSyaaAlloh. Di sini kita akan lebih membahas tentang KRL yang ternyata belum ada perubahan. Masih melintas langsung di Stasiun Jakarta Pasar Senen khususnya arah Jatinegara. Kebijakan berjalan langsung ini telah ada di Yellow Line. Namun ternyata berlanjut lagi di Cikarang Loop Line.

KRL Pasar Senen Cikarang, Sebetulnya Layanan Lama

Cikarang Loop Line yang menggantikan Yellow Line pasca penerapan SO5 Manggarai sebetulnya bukanlah barang baru. Sebaliknya justru menghidupkan lagi layanan yang dulu pernah ada.

Di Random era Cikarang Loop Line khususnya segmen Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara itu melayani perjalanan menuju arah timur seperti Bekasi, Cikarang hingga Purwakarta. Khusus untuk layanan KRL dan KRD Ekonomi. Sementara ekspres nya lewat Gambir.

Jadi dengan kata lain merupakan layanan lama yang hidup lagi alias reborn. Namun sayangnya, ketika Trip KRL Sudirman Buaran Loop Line, KRL Commuter Line masih nggak berhenti alias berjalan langsung di Stasiun Jakarta Pasar Senen.

Ini tentu saja sedikit membuat tricky calon penumpang dari Stasiun Jakarta Pasar Senen yang hendak menuju Cikarang. Mereka harus menghadapi dua pilihan yakni memutar Jakarta via Kampung Bandan dan Tanah Abang atau transit di Kemayoran.

Tentunya opsi memutar Jakarta sekalipun nggak harus naik turun masih dirasakan berat. Karena waktu tempuh bisa jadi semakin lama. Belum lagi harus menghadapi Transit Manggarai. Trip KRL Sudirman Buaran Loop Line aja memakan waktu 1 jam 11 menit. Padahal nggak pake ritual Transit Manggarai. Apalagi ini yang mau nggak mau harus kena di Manggarai. Bisa lebih lama toh? 2 jam ada kali ya?

Nah, jika kamu ogah merasakan ritual transit Manggarai, bagusnya sih naik dulu yang arah Kampung Bandan dan turun di Stasiun Kemayoran. Dari situ kamu tinggal menunggu KRL Commuter Line tujuan Cikarang yang langsung arah Jatinegara.

Memang iya di Jatinegara juga kena transit. Tapi Transit Jatinegara nggak separah Manggarai. Secara selepas Jatinegara itu jalur KRL Commuter Line dan KAJJ terpisah. Karena DDT (Double Double Track) nya udah aktif. Meski baru nyampe Bekasi.



KRL Masih Berjalan Langsung

Kenapa KRL Pasar Senen Cikarang harus memutar Jakarta atau transit? Kenapa nggak langsung aja? Ini berkaitan dengan kebijakan dari PT. KAI. KRL Commuter Line bisa turun di Stasiun Jakarta Pasar Senen hanya yang dari Jatinegara menuju Kampung Bandan dan Tanah Abang.

KRL Pasar Senen Cikarang tanpa memutar harus ke Stasiun Kemayoran dulu

Adapun sisi sebalinya berjalan langsung. Pasalnya Stasiun Jakarta Pasar Senen lebih banyak melayani penumpang jarak jauh. Walaupun mayoritas yang naik dari sini adalah backpacker dan budget traveller. Intinya supaya tertib aja gitu kali ya. Tapi masih mending lah ketimbang di Stasiun Gambir yang nggak berhenti sama sekali.

Kebijakan melangsungkan KRL di Stasiun Jakarta Pasar Senen telah ada sejak awal mula pengoperasian KRL Commuter Line. Khususnya untuk segmen loop line. Sebelumnya jalur loop line adalah Bogor Line 2 (Yellow Line) Bogor Jatinegara. Nah setelah SO5 diberlakukan Loop Line nya jadi Cikarang Loop Line (Blue Line). Namun kebijakan LS di Pasar Senen nyatanya tetap berlaku.

Jadi walaupun reborn, KRL Pasar Senen Cikarang nggak 100% menghidupkan lagi layanan lama di Random Era. Pilihannya cuma dua: Memutar Jakarta (via Kampung Bandan, Tanah Abang, Manggarai) atau Transit di Stasiun Kemayoran.