Traveling By Train Is My Adventure
Selamat datang di Mugen ID, Blog Perjalanan Naik Kereta Api. Berbagi pengalaman perjalanan bersama moda transportasi favorit. Juga edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian

Selamat datang di Mugen ID, Blog Perjalanan Naik Kereta Api. Berbagi pengalaman perjalanan bersama moda transportasi favorit. Juga edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian
Kereta favorit wargi Priangan yang akan bepergian ke Bumi Mataram khususnya Vortenslanden. Harga tiket cukup terjangkau dan telah menggunakan dukungan sarana terbaru campuran Eksekutif dan Ekonomi SSNG (Stainless Steel New Generation)
Idealnya jalur kereta api yang berada di bekas wilayah Kesultanan Mataram. Namun di sini lebih fokus ke wilayah operasional Daop 6 Yogyakarta atau pasca Perjanjian Giyanti
Stasiun yang terletak di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten ini berbeda nama dengan daerahnya. Namun siapa sangka nama yang beda itu justru malah merupakan nama aslinya. Berdasarkan penelusuran sejarah
Gapeka 2025 telah berlaku efektif sejak 1 Februari 2025 namun siapa sangka justru banyak memunculkan dinamika. Selain beberapa kereta baru, di sini ada rangkaian kereta yang mengalami upgrade dan downgrade. Juga ada yang harus mengganti dukungan sarana karena kehabisan stok lokomotif atau kebutuhan teknis lantaran perpanjangan rute. Seperti apakah dinamikanya?
Meski hanya pemberhentian, Stasiun UI Depok ternyata punya peran strategis dalam pembangunan Double Track Manggarai Bogor Tahap ke-1. Proyek yang nggak bisa lepas dari Relokasi Kampus UI ke Depok. Karena masih minimnya akses ke sana.
Bangunan ex Dipo Lokomotif Banyuwangi kini dalam kondisi yang boleh dibilang miris. Sejak nggak ada lagi kegiatan perkeretaapian, bangunan ini lebih banyak difungsikan sebagai gudang. Mau gimanapun juga ini tetap peninggalan sejarah yang harus dijaga.
Jika melihat emplasemen Stasiun Banyuwangi Lama di foto jadul, kita akan melihat perbedaan sangat mencolok dengan kondisi sekarang. Siapa sangka stasiun ini dulunya punya 5 jalur. Sekarang semua jejak itu hilang. Ganti jadi jejeran pertokoan Pasar Pujasera Karangrejo dan Perkampungan Penduduk.
Stasiun Banyuwangi Lama dioperasikan Staats Spoorwegen (SS) tahun 1903. Kegiatan perkeretaapian di sini berakhir pada 1988. Bersamaan dengan pindahnya aktivitas pelabuhan dari Boom ke Ketapang. Kini telah berubah menjadi Pasar dan Perkampungan Warga.
Berita Hutang Whoosh Rugikan KAI banyak berseliweran dan menghiasi lini masa media sosial. Seolah banyak media berlomba-lomba memberitakan itu demi mendapatkan engagement. Padahal solusinya sederhana. Diversifikasi adalah kunci dan ini sudah pernah terjadi sebelumnya. Optimalkan pendapatan lain selain tiket.
Sempat terlantar dan akan dirobohkan, Bangunan Stasiun Surabaya Kota Lama kini telah selesai direvitalisasi. Tinggal menunggu penyelesaian saja termasuk mengganti rel lama yang ada di emplasemen. Bangunan peninggalan Staats Spoorwegen (SS) ini menunggu beroperasi kembali. Lebih strategis karena terintegrasi Wirawiri Surabaya.
Si Mbah yang menolak tua. Sebuah perumpamaan yang pas buat KRL JR 203 yang telah berusia lebih dari 40 tahun. Bila menghitung masa dinas di Jepang dan Indonesia. Meski menolak tua, umur tetap tak bisa berbohong. Apalagi dengan salah satu trainset yang anjlok baru-baru ini.
Blog Kereta Api menyajikan berbagai konten edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian
Edukasi dan Literasi selengkapnya di Blog Kereta Api.
Antar Kota, Komuter, dan Wisata. Mengabadikan berbaga momen dan berbagi pengalaman perjalanan Naik Kereta Api. Dalam bentuk konten artikel yang dilengkapi dengan video. Pada dasarnya inti dari Blog ini adalah tentang perjalanan. Konten edukasi dan literasi didapatkan dari sini