
Assalamu’alaikum, ahlan wa sahlan, selamat datang di Mugen ID. Traveling by Train is My Adventure.
Mengawali kehadirannya sebagai situs pemesanan makanan, Mugen ID kemudian berubah menjadi Blog Perjalanan Kereta Api. Berbagi pengalaman ketika perjalanan menggunakan Kereta Api. Juga edukasi dan berbagi pengetahuan seputar dunia perkeretaapian
TULISAN TERBARU

Politisasi Hutang Whoosh masih aja belum kelar. Bahkan udah mulai nggak sehat dan cenderung menjurus ke rasis. Juga mengalihkan isu Naming Rights Cirebon dan Stasiun Klakah. Solusi yang keluar memang baru satu yaitu perpanjangan tenor pinjaman jadi 60 tahun. Sebagai bagian dari restrukturisasi.
PERJALANAN

Udahan lihat pameran arsip di Stasiun UI Depok, saatnya Trip KRL dari UI ke Cawang. Merasakan gimana sih jadi Civitas Akademika UI yang tiap hari mengandalkan KRL. Khususnya Bogor Line. Beruntung nih dapat armada baru CRRC

Siapa sangka trip KA Blambangan Ekspres 1 dari Jakarta ke Cirebon serasa naik kereta argo. Dari pemberhentian terakhir Stasiun Karawang, kereta…

Insiden anjloknya KA Argo Bromo Anggrek seolah flashback ketika Tumapel Tertahan di Waru. Waktu itu informasinya sangat minim tentang apa yang…
SEJARAH

Meski hanya pemberhentian, Stasiun UI Depok ternyata punya peran strategis dalam pembangunan Double Track Manggarai Bogor Tahap ke-1. Proyek yang nggak bisa lepas dari Relokasi Kampus UI ke Depok. Karena masih minimnya akses ke sana.

Siapa sangka Stasiun Karawang ternyata menyimpan cerita kelam. Bukan gegara…

Dinas Pelayaran PJKA adalah divsi yang khusus mengoperasikan kapal ferry…
KERETA

Stasiun Klakah telah ganti nama jadi Stasiun Lumajang. Terhitung mulai 10 Agustus 2025. Sayang perubahan nama ini nggak banyak diketahui. Justru tertutupi ramainya kasus Cirebon BT Batik Trusmi.
KA JARAK JAUH

Tarif Komersial Jiwa PSO. Inilah anomali KA Pasundan New Generation. Ternyata upgrade sarana aja nggak cukup memuaskan calon pelanggan. Mereka tetap ingin lebih dari sekedar itu. Lantas gimana solusinya?
KOMUTER

Mulai 1 Oktober 2025, Jadwal KA Pandanwangi Kembali ke Setelan Pabrik. Hal tersebut menjadikannya lebih cocok disebut Rapid daripada Lokal. Karena nggak berhenti di semua stasiun. Berhenti di Mana Saja?
SARANA

Si Mbah yang menolak tua. Sebuah perumpamaan yang pas buat KRL JR 203 yang telah berusia lebih dari 40 tahun. Bila menghitung masa dinas di Jepang dan Indonesia. Meski menolak tua, umur tetap tak bisa berbohong. Apalagi dengan salah satu trainset yang anjlok baru-baru ini.
INFRASTRUKTUR

Stasiun Klakah telah ganti nama jadi Stasiun Lumajang. Terhitung mulai 10 Agustus 2025. Sayang perubahan nama ini nggak banyak diketahui. Justru tertutupi ramainya kasus Cirebon BT Batik Trusmi.
WISATA

Dua Kereta Sultan Pakubuwono X yakni Kereta Pelesir (ILW4) dan Kereta Jenazah. Di satu sisi terlihat seperti monumen statis pada umumnya. Namun lebih dari itu jadi saksi kejayaan Kesunanan Surakarta dan Perkeretaapian indonesia.