Traveling By Train Is My Adventure
Selamat datang di Mugen ID, Blog Perjalanan Naik Kereta Api. Berbagi pengalaman perjalanan bersama moda transportasi favorit. Juga edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian

Selamat datang di Mugen ID, Blog Perjalanan Naik Kereta Api. Berbagi pengalaman perjalanan bersama moda transportasi favorit. Juga edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian
Kereta favorit wargi Priangan yang akan bepergian ke Bumi Mataram khususnya Vortenslanden. Harga tiket cukup terjangkau dan telah menggunakan dukungan sarana terbaru campuran Eksekutif dan Ekonomi SSNG (Stainless Steel New Generation)
Idealnya jalur kereta api yang berada di bekas wilayah Kesultanan Mataram. Namun di sini lebih fokus ke wilayah operasional Daop 6 Yogyakarta atau pasca Perjanjian Giyanti
Stasiun yang terletak di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten ini berbeda nama dengan daerahnya. Namun siapa sangka nama yang beda itu justru malah merupakan nama aslinya. Berdasarkan penelusuran sejarah
Gapeka 2025 telah berlaku efektif sejak 1 Februari 2025 namun siapa sangka justru banyak memunculkan dinamika. Selain beberapa kereta baru, di sini ada rangkaian kereta yang mengalami upgrade dan downgrade. Juga ada yang harus mengganti dukungan sarana karena kehabisan stok lokomotif atau kebutuhan teknis lantaran perpanjangan rute. Seperti apakah dinamikanya?
Dinas Pelayaran PJKA adalah divsi yang khusus mengoperasikan kapal ferry penyeberangan untuk mendukung konektivitas dengan kereta api. Salah satunya pernah ada di Banyuwangi. Namun pada tahun 1989 divisi ini dibubarkan dan seluruh armada kapal dialihkan ke ASDP.
Si Mbah yang menolak tua. Sebuah perumpamaan yang pas buat KRL JR 203 yang telah berusia lebih dari 40 tahun. Bila menghitung masa dinas di Jepang dan Indonesia. Meski menolak tua, umur tetap tak bisa berbohong. Apalagi dengan salah satu trainset yang anjlok baru-baru ini.
Viral sepur badug MRTJ memunculkan wacana MRT lanjut ke Serpong. Memang benar sepur badug itu tinggal selangkah ke Tangerang Selatan. Pihak operator pun langsung menggandeng Sinarmas untuk mewujudkan itu. Apabila terwujud bisa kurangi beban Commuter Line Jalur Rangkasbitung (Kulon).
Trem Hiroshima (Hiroden) merupakan saksi bisu tragedi Bom Atom Sekutu pada 6 Agustus 1945. Di saat mulai jarang ditemukan, Hiroden justru memiliki jaringan terluas di Jepang. Bahkan armada lawas pun masih terlihat beroperasi.
Insiden anjloknya KA Argo Bromo Anggrek seolah flashback ketika Tumapel Tertahan di Waru. Waktu itu informasinya sangat minim tentang apa yang sebetulnya terjadi dan membuat kereta legendaris itu tertahan begitu lama. Dampaknya baru tiba di Malang lewat tengah malam.
Pemerintah memutuskan Kereta Cepat Whoosh Lanjut ke Surabaya. Perpanjangan rute ini merupakan harapan terakhir bagi Bandaran Kertajati yang kini nyaris mati tanpa aktivitas penerbangan. Namun belum ada keputusan lebih lanjut soal trase mana yang akan dilewati.
Sempat dibawa dinas CC204 di awal Gapeka 2025. Lokomotif Kereta Api Lodaya akhirnya kembali ke CC206. Boleh jadi efek dari banyaknya hambatan. Meskipun begitu, sang macan tetap dengan stamformasi 9 kereta yang hanya membawa 3 K3 SSNG.
Blog Kereta Api menyajikan berbagai konten edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian
Edukasi dan Literasi selengkapnya di Blog Kereta Api.
Antar Kota, Komuter, dan Wisata. Mengabadikan berbaga momen dan berbagi pengalaman perjalanan Naik Kereta Api. Dalam bentuk konten artikel yang dilengkapi dengan video. Pada dasarnya inti dari Blog ini adalah tentang perjalanan. Konten edukasi dan literasi didapatkan dari sini