Selamat datang di Mugen ID, Blog Perjalanan Naik Kereta Api. Berbagi pengalaman perjalanan bersama moda transportasi favorit. Juga edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian

traveling by train is my adventure (new)
  • 01 Divisi pelayaran PJKA Sisa Kejayaan Pelabuhan Boom Banyuwangi

    Dinas Pelayaran PJKA : Sisa Kejayaan Pelabuhan Boom

    Dinas Pelayaran PJKA adalah divsi yang khusus mengoperasikan kapal ferry penyeberangan untuk mendukung konektivitas dengan kereta api. Salah satunya pernah ada di Banyuwangi. Namun pada tahun 1989 divisi ini dibubarkan dan seluruh armada kapal dialihkan ke ASDP.

  • KRL JR 203 Si Mbah yang Menolak Tua

    KRL JR 203 : Si Mbah yang Menolak Tua (Satu Trainset Anjlok)

    Si Mbah yang menolak tua. Sebuah perumpamaan yang pas buat KRL JR 203 yang telah berusia lebih dari 40 tahun. Bila menghitung masa dinas di Jepang dan Indonesia. Meski menolak tua, umur tetap tak bisa berbohong. Apalagi dengan salah satu trainset yang anjlok baru-baru ini.

  • MRT Lanjut ke Serpong _ Bisa Kurangi Beban Commuter Line

    MRT Lanjut ke Serpong? Bisa Kurangi Beban Commuter Line

    Viral sepur badug MRTJ memunculkan wacana MRT lanjut ke Serpong. Memang benar sepur badug itu tinggal selangkah ke Tangerang Selatan. Pihak operator pun langsung menggandeng Sinarmas untuk mewujudkan itu. Apabila terwujud bisa kurangi beban Commuter Line Jalur Rangkasbitung (Kulon).

  • 01 Trem Hiroshima (Hiroden) Saksi Bisu Tragedi Bom Atom

    Trem Hiroshima (Hiroden) : Saksi Bisu Tragedi Bom Atom 1945

    Trem Hiroshima (Hiroden) merupakan saksi bisu tragedi Bom Atom Sekutu pada 6 Agustus 1945. Di saat mulai jarang ditemukan, Hiroden justru memiliki jaringan terluas di Jepang. Bahkan armada lawas pun masih terlihat beroperasi.

  • Ketika Tumapel Tertahan di Waru (Situasi Minim Info)

    Ketika Tumapel Tertahan di Waru (Situasi Minim Informasi)

    Insiden anjloknya KA Argo Bromo Anggrek seolah flashback ketika Tumapel Tertahan di Waru. Waktu itu informasinya sangat minim tentang apa yang sebetulnya terjadi dan membuat kereta legendaris itu tertahan begitu lama. Dampaknya baru tiba di Malang lewat tengah malam.

  • Whoosh Lanjut ke Surabaya _ Harapan Terakhir Bandara Kertajati

    Whoosh Lanjut ke Surabaya : Harapan Terakhir Bandara Kertajati

    Pemerintah memutuskan Kereta Cepat Whoosh Lanjut ke Surabaya. Perpanjangan rute ini merupakan harapan terakhir bagi Bandaran Kertajati yang kini nyaris mati tanpa aktivitas penerbangan. Namun belum ada keputusan lebih lanjut soal trase mana yang akan dilewati.

  • Lokomotif Kereta Api Lodaya _ Balik ke CC206 (Tetap 3 K3 SSNG)

    Lokomotif Kereta Api Lodaya : Balik ke CC206 (Tetap 3 K3 SSNG)

    Sempat dibawa dinas CC204 di awal Gapeka 2025. Lokomotif Kereta Api Lodaya akhirnya kembali ke CC206. Boleh jadi efek dari banyaknya hambatan. Meskipun begitu, sang macan tetap dengan stamformasi 9 kereta yang hanya membawa 3 K3 SSNG.

edukasi dan literasi kereta api
perjalanan naik kereta api 1
perjalanan naik kereta api 2

Perjalanan Naik Kereta Api

Antar Kota, Komuter, dan Wisata. Mengabadikan berbaga momen dan berbagi pengalaman perjalanan Naik Kereta Api. Dalam bentuk konten artikel yang dilengkapi dengan video. Pada dasarnya inti dari Blog ini adalah tentang perjalanan. Konten edukasi dan literasi didapatkan dari sini