Traveling By Train Is My Adventure
Selamat datang di Mugen ID, Blog Perjalanan Naik Kereta Api. Berbagi pengalaman perjalanan bersama moda transportasi favorit. Juga edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian

Selamat datang di Mugen ID, Blog Perjalanan Naik Kereta Api. Berbagi pengalaman perjalanan bersama moda transportasi favorit. Juga edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian
Kereta favorit wargi Priangan yang akan bepergian ke Bumi Mataram khususnya Vortenslanden. Harga tiket cukup terjangkau dan telah menggunakan dukungan sarana terbaru campuran Eksekutif dan Ekonomi SSNG (Stainless Steel New Generation)
Idealnya jalur kereta api yang berada di bekas wilayah Kesultanan Mataram. Namun di sini lebih fokus ke wilayah operasional Daop 6 Yogyakarta atau pasca Perjanjian Giyanti
Stasiun yang terletak di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten ini berbeda nama dengan daerahnya. Namun siapa sangka nama yang beda itu justru malah merupakan nama aslinya. Berdasarkan penelusuran sejarah
Gapeka 2025 telah berlaku efektif sejak 1 Februari 2025 namun siapa sangka justru banyak memunculkan dinamika. Selain beberapa kereta baru, di sini ada rangkaian kereta yang mengalami upgrade dan downgrade. Juga ada yang harus mengganti dukungan sarana karena kehabisan stok lokomotif atau kebutuhan teknis lantaran perpanjangan rute. Seperti apakah dinamikanya?
Dinas Pelayaran PJKA adalah divsi yang khusus mengoperasikan kapal ferry penyeberangan untuk mendukung konektivitas dengan kereta api. Salah satunya pernah ada di Banyuwangi. Namun pada tahun 1989 divisi ini dibubarkan dan seluruh armada kapal dialihkan ke ASDP.
Mulai 1 Agustus 2025, KA Pasundan New Generation mulai dinas dan melayani perjalanan dengan durasi 14 jam di rute Kiaracondong – Surabaya Gubeng PP. Tentu dengan sarana yang telah upgrade perjalanan panjang itu jadi lebih nyaman. Meski harga tiketnya ikutan ngegas.
Perjalanan pendek naik KRL CRRC China dari Sudirman ke Tanah Abang PP. Siapa sangka, KRL buatan CRRC Sifang atau CLI 125 ini senyaman Whoosh. Boleh dibilang versi Lite-nya.
Berikut adalah Jadwal KA Pasundan 2025. Terjawab sudah dan ternyata memang upgrade menjadi New Generation Ketiga di Tanah Priangan. Meski harga tiket sempat jadi polemik ketika awal diumumkan ke publik.
Hah, belajar dari KA Pangandaran 2019? Maksudnya gimana nih? Banyak yang protes tiket KA Pasundan ngegas setelah dipastikan upgrade ke Ekonomi New Generation Modifikasi. Jadi sepertinya perlu flashback lagi kejadian itu. Ketika seribu perak memberi dampak kerugian besar.
Dalam sejarah pernah terjadi perubahan nama stasiun kereta di Tanah Priangan. Tercatat tiga stasiun kereta api yang pernah berganti nama. Adapun alasannya tak lepas dari dua hal, PLH (peristiwa luarbiasa hebat) dan bencana alam.
Kereta Api Pangrango berangkat dari Stasiun Cicurug. Telusur Jalur kereta Bogor Bandung 2 memasuki segmen kedua. Ketika Ular besi masuk Sukabumi pada tahun 1881-1882. Beda dengan pertama, segmen kedua ini masih single track dan menggunakan persinyalan mekanik. Beberapa stasiun peronnya masih pendek. Namun terdapat 5 jembatan ekstrem, salah satunya Rancakan Ereg.
Blog Kereta Api menyajikan berbagai konten edukasi dan literasi seputar dunia perkeretaapian
Edukasi dan Literasi selengkapnya di Blog Kereta Api.
Antar Kota, Komuter, dan Wisata. Mengabadikan berbaga momen dan berbagi pengalaman perjalanan Naik Kereta Api. Dalam bentuk konten artikel yang dilengkapi dengan video. Pada dasarnya inti dari Blog ini adalah tentang perjalanan. Konten edukasi dan literasi didapatkan dari sini