traveling by train is my adventure (new)

Assalamu’alaikum, ahlan wa sahlan, selamat datang di Mugen ID. Traveling by Train is My Adventure.

Mengawali kehadirannya sebagai situs pemesanan makanan, Mugen ID kemudian berubah menjadi Blog Perjalanan Kereta Api. Berbagi pengalaman ketika perjalanan menggunakan Kereta Api. Juga edukasi dan berbagi pengetahuan seputar dunia perkeretaapian

  • SEJARAH

    Tanpa Stasiun UI Depok, Nggak Ada Double Track (Peran Strategis)

    Meski hanya pemberhentian, Stasiun UI Depok ternyata punya peran strategis dalam pembangunan Double Track Manggarai Bogor Tahap ke-1. Proyek yang nggak bisa lepas dari Relokasi Kampus UI ke Depok. Karena masih minimnya akses ke sana.

  • Stasiun Karawang Dibangun Hanya Untuk Dijual ke SS

    Cerita Kelam dari Stasiun Karawang : “Langsung” Diserahkan ke SS

    Siapa sangka Stasiun Karawang ternyata menyimpan cerita kelam. Bukan gegara…

  • 01 Divisi pelayaran PJKA Sisa Kejayaan Pelabuhan Boom Banyuwangi

    Dinas Pelayaran PJKA : Sisa Kejayaan Pelabuhan Boom

    Dinas Pelayaran PJKA adalah divsi yang khusus mengoperasikan kapal ferry…

  • Gapeka 2025 dan 2019 : Banyuwangi vs Jakarta Addict

  • Cerita Tawang Jaya Premium : Downgrade Duksar 2019

  • Jalur KA Cikampek Cirebon : Ketika SS Ramaikan Lintas Pantura

  • Kereta Api Jakarta Tegal : Mulai Beroperasi 1984 (Rute Khusus)

  • Jalur Kereta Api Cirebon Kadipaten : Saksi Kejayaan Pabrik Gula

  • Stasiun Cirebon Kejaksaan : Dari Stopplast ke Kereta Komersial

  • Jalur Kereta Cirebon Semarang : Dikembangkan SCSM (Fase 2)

  • Viaduk Ngaglik dan Gagalnya Proyek Stasiun Soerabaia Hoog

  • Akhirnya Stasiun Utama di Semarang itu Tersambung (Pantura)

  • Stasiun Semarang Tawang : Ujung Barat Jalur Pantura Timur

KERETA

  • Stasiun Klakah Ganti Nama Jadi Stasiun Lumajang (Teralihkan Kasus Cirebon)

    Stasiun Klakah Ganti Nama Jadi Stasiun Lumajang? (Teralihkan)

    Stasiun Klakah telah ganti nama jadi Stasiun Lumajang. Terhitung mulai 10 Agustus 2025. Sayang perubahan nama ini nggak banyak diketahui. Justru tertutupi ramainya kasus Cirebon BT Batik Trusmi.

  • SARANA

    KRL JR 203 Si Mbah yang Menolak Tua

    KRL JR 203 : Si Mbah yang Menolak Tua (Satu Trainset Anjlok)

    Si Mbah yang menolak tua. Sebuah perumpamaan yang pas buat KRL JR 203 yang telah berusia lebih dari 40 tahun. Bila menghitung masa dinas di Jepang dan Indonesia. Meski menolak tua, umur tetap tak bisa berbohong. Apalagi dengan salah satu trainset yang anjlok baru-baru ini.

  • WISATA

    kereta sultan pakubuwono x bukan sekedar monumen statis

    Kereta Sultan Pakubuwono X : Bukan Sekedar Monumen Statis

    Dua Kereta Sultan Pakubuwono X yakni Kereta Pelesir (ILW4) dan Kereta Jenazah. Di satu sisi terlihat seperti monumen statis pada umumnya. Namun lebih dari itu jadi saksi kejayaan Kesunanan Surakarta dan Perkeretaapian indonesia.

Twenty Twenty-Five

Designed with WordPress