Commuter Line Blorasura merupakan kelanjutan dari Cepu Ekspres. Melayani rute Surabaya Cepu, satu lagi kereta komuter dengan vibes KA Jarak Jauh (KAJJ). Berhenti dimana saja? Berapa harga tiketnya?
Pendahuluan
Masih melanjutkan pembahasan Stasiun Surabaya Pasar Turi. Kali ini salah satu kereta komuter yang dilayani di stasiun tersebut. Namun kereta komuter yang satu ini bukan seperti commuter line pada umumnya yang masih beroperasi di wilayah aglomerasi atau dalam provinsi. Kereta ini bahkan sudah antar provinsi. Jadi vibes nya KA Jarak Jauh.
Kereta Commuter dengan Vibes Jarak Jauh sebetulnya bukan hal baru. Di wilayah Daop 8 Surabaya aja ada dua yang begitu, yakni Commuter Line Penataran dan Commuter Line Dhoho. Jauh di wilayah Daop 2 Bandung juga ada Commuter Line Garut. Ketiganya masih beroperasi di dalam provinsi meski jaraknya jauh. Belum sampai antar provinsi.
Pertanyaannya, kereta komuter mana yang beroperasi antar provinsi? Berhenti dimana saja? Berapa harga tiketnya?
Commuter Line Blorasura : Bukan yang Pertama
Kereta komuter ini melayani rute Surabaya Cepu PP. Memang bukan yang pertama beroperasi di rute tersebut. Komuter antar provinsi sebetulnya udah ada. KRL Commuter Line Bogor Line dan Rangkasbitung Line juga beroperasi antar provinsi. Namun itu memakai armada KRL, sedangkan Surabaya Cepu armada kereta biasa ditarik lokomotif.
Commuter Line Blorasura : Melanjutkan Cepu Ekspres
Kereta ini mulai dinas 10 Februari 2021 ketika masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Dari Stasiun Surabaya Pasar Turi ke Stasiun Cepu dan sebaliknya. Jika melihat pada rutenya, Commuter Line ini melanjutkan Cepu Ekspres yang telah pensiun. Ada yang membedakan dari segi armada. Bila pendahulunya memakai armada KRDE, maka Commuter Line ini kereta biasa ditarik loko.
Asal Usul Nama : Blora Surabaya
Adapun nama Blorasura sendiri merupakan singkatan dari Blora Surabaya. Stasiun Cepu (CU) terletak di Kabupaten Blora dan pintu masuk “di kabupaten yang terkenal dengan “Kota Minyak” dan kabupaten tersebut.
Stasiun yang cukup berperan dalam terwujudnya Jalur Kereta Pantura Timur. Mengingat Cepu merupakan penghasil minyak bumi. Padahal sebelumnya NISM tak tertarik untuk menggarap lintas pantura timur.
Beneran Vibes KA Jarak Jauh
Commuter Line Blorasura memang bukan satu-satunya kereta komuter yang rutenya jauh. Nah yang menjadikannya punya vibes KA Jarak Jauh ialah sarananya. Satu rangkaian kereta ekonomi 106 penumpang ditarik lokomotif.
Dari segi rute, kereta ini bahkan menyeberangi Sungai Bengawan Solo dan menembus Kabupaten Blora di Jawa Tengah. Di sini aja udah kelihatan ya vibes KA jarak Jauh nya. Walaupun Commuter Line lainnya juga ada yang seperti itu karena jaraknya sangat jauh. Bahkan lintas provinsi.
Commuter Line Blorasura Berhenti Dimana Saja? (Jadwal Perjalanan)
Untuk mengetahui lebih jelas kereta ini berhenti dimana saja, berikut adalah jadwal perjalanan Commuter Line Blorasura:
Rute : Surabaya Pasar Turi – Cepu
Stasiun | 441 | 443 |
Surabaya Pasar Turi (SBI) | 08.10 | 18.30 |
Tandes (TES) | 08.19 | 18.39 |
Kandangan (KDG) | 08.28 | 18.46 |
Benowo (BNW) | 08.34 | 18.54 |
Cereme (CME) | 08.42 | 19.02 |
Duduk (DD) | 08.54 | 19.14 |
Lamongan (LMN) | 09.07 | 19.38 |
Surabayan (SBN) | Ls | Ls |
Pucuk (PC) | 09.24 | 19.58 |
Gembong (GEB) | Ls | Ls |
Babat (BBT) | 09.37 | 20.14 |
Buweno (BWO) | 09.49 | 20.25 |
Sumberejo (SRJ) | 10.16 | 20.41 |
Kapas (KPS) | 10.25 | 20.52 |
Bojonegoro (BJ) | 10.35 | 21.03 |
Cepu (CU) | 11.07 | 21.35 |
Rute : Cepu – Surabaya Pasar Turi
Stasiun | 440 | 442 |
Cepu (CU) | 04.20 | 11.50 |
Bojonegoro (BJ) | 04.53 | 12.23 |
Kapas (KPS) | 05.03 | 12.33 |
Sumberejo (SRJ) | 05.13 | 12.43 |
Buweno (BWO) | 05.26 | 12.57 |
Babat (BBT) | 05.48 | 13.08 |
Gembong (GEB) | Ls | Ls |
Pucuk (PC) | 06.01 | 13.21 |
Surabayan (SBN) | Ls | Ls |
Lamongan (LMN) | 06.18 | 13.39 |
Duduk (DD) | 06.31 | 13.52 |
Cereme (CME) | 06.55 | 14.05 |
Benowo (BNW) | 07.04 | 14.13 |
Kandangan (KDA) | 07.13 | 14.21 |
Tandes (TES) | 07.20 | 14.28 |
Surabaya Pasar Turi (SBI) | 07.27 | 14.35 |
Nggak Ada Layanan Kereta Makan (Restorasi)
Mungkin banyak dari kamu yang bertanya apakah kereta komuter ini punya layanan kereta makan (restorasi)? Mengingat jaraknya yang jauh dan menembus provinsi Jawa Tengah. Pasalnya Commuter Line Dhoho dan Commuter Line Penataran, khususnya yang sampai Stasiun Blitar itu punya layanan kereta makan.
Ternyata Commuter Line Blorasura nggak ada layanan kereta makan. Sama seperti Commuter Line Garut yang walaupun jaraknya jauh nggak ada layanan tersebut. Sehingga kamu bisa membeli makanan atau minuman sebelum naik kereta.
Meski nggak ada restorasi, bukan berarti kereta ini kehilangan vibes nya sebagai Commuter Line rasa KA Jarak Jauh. Terlebih sampai menyeberangi Sungai Bengawan Solo yang jadi batas provinsi antara Kabupaten Bojonegoro di Jawa Timur dengan Blora di Jawa Tengah.
Murah Tapi Lama Ya!
Harga TIket Commuter Line Blorasura Rp 13.000,00 sekali jalan. Harga tersebut sangat murah untuk menempuh perjalanan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi hingga Stasiun Cepu. Begitupula sebaliknya.
Namun walaupun murah ada minusnya, durasi perjalanan lama dan berhenti di setiap stasiun kecuali beberapa aja yang memang nggak ada layanan kereta penumpangnya. Bila kamu ingin berhemat mungkin bisa aja ambil opsi ini.
Tapi pertimbangkan lagi terutama bagi kamu yang lebih kepengen cepat nyampe di tujuan dan tentunya lebih nyaman. Namanya aja kereta komuter dan tiketnya murah. Harus siap dengan konsekuensinya.
Leave a Reply