Berikut adalah Jadwal KA Lodaya 2025. Ada perbedaan dengan Gapeka sebelumnya. Di sini berangkat lebih awal dan semua perjalanan kereta berhenti di Stasiun Cibatu. Tentunya dengan sarana Stainless Steel New Generation. Namun ada perubahan dukungan sarana lokomotif.
Pendahuluan
Tanggal 1 Februari 2025 Gapeka baru mulai diberlakukan. Jadwal perjalanan KA Jarak Jauh terdapat perubahan dari Gapeka 2023. Tak terkecuali di Kereta Api Lodaya. Penghubung Priangan dan Mataram ini sekilas nggak terlalu banyak berubah. Baik dari segi relasi maupun layanannya. Tetap dengan sarana Stainless Steel New Generation (SSNG).
Di Gapeka 2025, Kereta Api Lodaya berangkat lebih awal. Selain itu menambah pemberhentian di Stasiun Cibatu. Jadi di sini semua perjalanan berhenti di Stasiun Cibatu. Sebelumnya kan hanya keberangkatan pagi dari Stasiun Solo Balapan dan malam dari Stasiun Bandung. Seperti apa jadwal barunya Sang Macan?
Jadwal KA Lodaya 2025 : Masih Terdiri dari 4 Perjalanan
Perjalanan Kereta Api Lodaya masih tetap sama. Nggak ada penambahan apalagi pengurangan. Tetap dua keberangkatan pagi dan malam. Ini telah berlangsung sejak 20 Mei 2002. Merupakan warisan dari era Perumka yakni Fajar Pajajaran (pagi) dan Senja Mataram (malam). Sehingga kamu punya opsi perjalanan pagi atau malam. Berikut rinciannya

Jadwal KA Lodaya 2025 : Perjalanan Pagi
No KA | Stasiun | Datang | Berangkat | No KA | Stasiun | Datang | Berangkat |
77 | Solo Balapan | 07.20 | 78 | Bandung | 06.30 | ||
Klaten | 07.42 | 07.44 | Kiaracondong | 06.39 | 06.41 | ||
Yogyakarta | 08.06 | 08.11 | Cibatu | 07.47 | 07.49 | ||
Wates | 08.34 | 08.36 | Cipeundeuy | 08.21 | 08.31 | ||
Kutoarjo | 09.00 | 09.03 | Tasikmalaya | 09.10 | 09.12 | ||
Kebumen | 09.23 | 09.25 | Ciamis | 09.31 | 09.33 | ||
Gombong | 09.41 | 09.43 | Banjar | 09.54 | 09.58 | ||
Kroya | 10.04 | 10.07 | Sidareja | 10.22 | 10.24 | ||
Maos | 10.18 | 10.20 | Kawunganten | 10.36 | 10.42 | ||
Sidareja | 10.51 | 10.53 | Maos | 11.05 | 11.07 | ||
Cipari | 11.00 | 11.07 | Kroya | 11.18 | 11.21 | ||
Banjar | 11.26 | 11.31 | Gombong | 11.42 | 11.44 | ||
Ciamis | 11.53 | 11.56 | Kebumen | 12.00 | 12.02 | ||
Awipari | 12.24 | 12.21 | Kutoarjo | 12.22 | 12.25 | ||
Tasikmalaya | 12.29 | 12.31 | Wates | 12.48 | 12.50 | ||
Cipeundeuy | 13.16 | 13.26 | Yogyakarta | 13.12 | 13.17 | ||
Bumiwaluya | 13.38 | 13.44 | Klaten | 13.38 | 13.53 | ||
Cibatu | 14.00 | 14.09 | Solo Balapan | 14.18 | |||
Kiaracondong | 15.15 | 15.17 | |||||
Bandung | 15.27 |
Jadwal KA Lodaya 2025 : Perjalanan Malam
No KA | Stasiun | Datang | Berangkat | No KA | Stasiun | Datang | Berangkat |
79 | Solo Balapan | 19.10 | 80 | Bandung | 19.00 | ||
Klaten | 19.32 | 19.34 | Kiaracondong | 09.09 | 09.11 | ||
Yogyakarta | 19.50 | 20.01 | Cibatu | 20.16 | 20.18 | ||
Wates | 20.24 | 20.26 | Cipeundeuy | 20.50 | 21.00 | ||
Kutoarjo | 20.50 | 20.55 | Tasikmalaya | 21.42 | 21.45 | ||
Kebumen | 21.15 | 21.17 | Ciamis | 22.05 | 22.07 | ||
Gombong | 21.32 | 21.34 | Banjar | 22.28 | 22.32 | ||
Kroya | 21.55 | 21.58 | Sidareja | 22.56 | 23.04 | ||
Maos | 22.10 | 22.12 | Maos | 23.37 | 23.39 | ||
Jeruklegi | 22.25 | 22.34 | Kroya | 23.50 | 23.53 | ||
Sidareja | 23.00 | 23.02 | Gombong | 00.15 | 00.17 | ||
Banjar | 23.28 | 23.33 | Kebumen | 00.33 | 00.35 | ||
Ciamis | 23.56 | 00.00 | Kutoarjo | 00.55 | 00.58 | ||
Tasikmalaya | 00.24 | 00.27 | Wates | 01.22 | 01.24 | ||
Cipeundeuy | 01.12 | 01.22 | Yogyakarta | 01.47 | 01.52 | ||
Cibatu | 01.54 | 01.56 | Klaten | 02.16 | 02.18 | ||
Kiaracondong | 03.02 | 03.04 | Solo Balapan | 02.45 | |||
Bandung | 03.14 |
Persilangan dan Susulan
Jadwal KA Lodaya 2025 di atas ada tambahan pemberhentian di beberapa stasiun kelas 3. Padahal di Gapeka 2024 nggak ada pemberhentian di Stasiun Awipari, Bumiwaluya, Cipari, Jeruklegi, dan Kawunganten. Apakah Kereta Api Lodaya melayani penumpang di stasiun-stasiun tersebut?
Dari aplikasi pemesanan tiket sih nggak tersedia. Itu artinya pemberhentian di stasiun-stasiun kelas 3 itu tak lain untuk persilangan dengan kereta lain. Mengingat sebagian besar jalur yang dilewati Kereta Api Lodaya terutama di Priangan Timur dan Cilacap Barat masih single track.
Adapun pemberhentian di Stasiun Klaten untuk KA 78 itu lumayan lama. Sekitar 15 menit. Jika melihat jadwal yang ada itu berarti Kereta Api Lodaya akan disusul kereta lain. Dalam hal ini KA Argo Wilis. Berarti sama dengan Gapeka sebelumnya.
Untuk persilangan dan susulan ini sifatnya kondisional. Normalnya sih seperti jadwal di atas. Tapi kadang ada aja kondisi force majeur yang membuat kegiatan tersebut harus berpindah ke stasiun lain.

Berhenti di Stasiun Cibatu
Jika pada Gapeka sebelumnya hanya perjalanan pagi dari Stasiun Solo Balapan dan malam dari Bandung, di Gapeka 2025 semua perjalanan kereta Api Lodaya berhenti di Stasiun Cibatu. Tentu ini menjadi kabar baik buat kamu yang tinggal di sekitaran Garut dan ingin traveling ke bumi Mataram. Khususnya wilayah Vortenslanden: Jogja, Klaten dan Surakarta.

Tetap Stainless Steel New Generation (SSNG)
Satu hal yang pasti, di Jadwal KA Lodaya 2025, Kereta Api Lodaya tetap dengan dukungan sarana (duksar) Stainless Steel New Generation (SSNG) campuran eksekutif dan ekonomi. Duksar ini telah dipakai dinas sejak pertengahan 2024 lalu dan menjelang akhir tahun semua Perka telah menggunakan SSNG.

Perubahan Dukungan Sarana Lokomotif
Meski masih tetap menggunakan SSNG, di Gapeka 2025 Kereta Api Lodaya mengalami perubahan dukungan sarana lokomotif. Setelah satu dekade selalu dibawa CC206, mulai tanggal 1 Februari 2025 Kereta Api Lodaya dibawa dinas CC204 Batch-1.
Perubahan dukungan sarana lokomotif dan CC206 ke CC204 Batch-1 juga berimbas pada perubahan stamformasi kereta yang semula SF10 jadi SF9. Dengan mengurangi satu kereta ekonomi (K3) SSNG-nya.
Pembahasan selengkapnya tentang peralihan dari CC206 ke CC204 Batch-1 lebih detailnya di sini: Sarana Lokomotif KA Lodaya 2025 : Nggak Lagi CC206 (Defisit)

Leave a Reply