Assalamu’alaikum, ahlan wa sahlan, selamat datang di Mugen ID. Traveling by Train is My Adventure.
Mengawali kehadirannya sebagai situs pemesanan makanan, Mugen ID kemudian berubah menjadi Blog Perjalanan Kereta Api. Berbagi pengalaman ketika perjalanan menggunakan Kereta Api. Juga edukasi dan berbagi pengetahuan seputar dunia perkeretaapian
TULISAN TERBARU
Siapa sangka trip KA Blambangan Ekspres 1 dari Jakarta ke Cirebon serasa naik kereta argo. Dari pemberhentian terakhir Stasiun Karawang, kereta ini terus melaju non stop sampai Stasiun Cirebon.
PERJALANAN
Siapa sangka trip KA Blambangan Ekspres 1 dari Jakarta ke Cirebon serasa naik kereta argo. Dari pemberhentian terakhir Stasiun Karawang, kereta ini terus melaju non stop sampai Stasiun Cirebon.
Insiden anjloknya KA Argo Bromo Anggrek seolah flashback ketika Tumapel Tertahan di Waru. Waktu itu informasinya sangat minim tentang apa yang…
Perjalanan pendek naik KRL CRRC China dari Sudirman ke Tanah Abang PP. Siapa sangka, KRL buatan CRRC Sifang atau CLI 125…
SEJARAH
Meski hanya pemberhentian, Stasiun UI Depok ternyata punya peran strategis dalam pembangunan Double Track Manggarai Bogor Tahap ke-1. Proyek yang nggak bisa lepas dari Relokasi Kampus UI ke Depok. Karena masih minimnya akses ke sana.
Siapa sangka Stasiun Karawang ternyata menyimpan cerita kelam. Bukan gegara…
Dinas Pelayaran PJKA adalah divsi yang khusus mengoperasikan kapal ferry…
KERETA
Stasiun Klakah telah ganti nama jadi Stasiun Lumajang. Terhitung mulai 10 Agustus 2025. Sayang perubahan nama ini nggak banyak diketahui. Justru tertutupi ramainya kasus Cirebon BT Batik Trusmi.
KA JARAK JAUH
Tarif Komersial Jiwa PSO. Inilah anomali KA Pasundan New Generation. Ternyata upgrade sarana aja nggak cukup memuaskan calon pelanggan. Mereka tetap ingin lebih dari sekedar itu. Lantas gimana solusinya?
KOMUTER
Mulai 1 Oktober 2025, Jadwal KA Pandanwangi Kembali ke Setelan Pabrik. Hal tersebut menjadikannya lebih cocok disebut Rapid daripada Lokal. Karena nggak berhenti di semua stasiun. Berhenti di Mana Saja?
SARANA
Si Mbah yang menolak tua. Sebuah perumpamaan yang pas buat KRL JR 203 yang telah berusia lebih dari 40 tahun. Bila menghitung masa dinas di Jepang dan Indonesia. Meski menolak tua, umur tetap tak bisa berbohong. Apalagi dengan salah satu trainset yang anjlok baru-baru ini.
INFRASTRUKTUR
Stasiun Klakah telah ganti nama jadi Stasiun Lumajang. Terhitung mulai 10 Agustus 2025. Sayang perubahan nama ini nggak banyak diketahui. Justru tertutupi ramainya kasus Cirebon BT Batik Trusmi.
WISATA
Dua Kereta Sultan Pakubuwono X yakni Kereta Pelesir (ILW4) dan Kereta Jenazah. Di satu sisi terlihat seperti monumen statis pada umumnya. Namun lebih dari itu jadi saksi kejayaan Kesunanan Surakarta dan Perkeretaapian indonesia.