stasiun kereta api ciamis berkat political will

Stasiun Kereta Api Ciamis : Berkat Political Will Pejabat Setempat

Stasiun Kereta Api Ciamis merupakan salah satu dari tiga serangkai Stasiun Kereta Tasik Banjar di Koridor Priangan Timur. Berkat political will pejabat setempat, kini hampir semua KAJJ dilayani di sini. Tentunya turut mendukung kegiatan pariwisata Kabupaten Ciamis.

Pendahuluan

Mungkin boleh jadi sedikit terlupakan lantaran sedikitnya KAJJ yang singgah di sini. Padahal di Kabupaten Ciamis cukup banyak destinasi wisata. Stasiun ini juga telah beroperasi sejak 1894 sebagai bagian lintas kereta api dari Garut ke Cilacap.

Namun seiring berjalannya waktu dan berkat dukungan dari pemerintah daerah juga, stasiun inipun jadi hidup. Bahkan di Gapeka 2023 hampir melayani semua perjalanan KAJJ. Tentu hal ini merupakan kabar baik bagi dunia pariwisata di Kabupaten Ciamis.

Stasiun Kereta Api Ciamis : Dibuka 1894 dan Layani Kereta Ekonomi

Stasiun ini sejatinya mulai dibuka dan beroperasi di tahun 1894. Merupakan bagian lintas kereta dari Garut ke Cilacap. Satu rangkaian Westerlinjen yang dioperasikan Staats Spoorwegen (SS) hingga Stasiun Tugu Jogja.

Seiring berjalannya waktu, stasiun ini melayani perjalanan kereta ekonomi. Khususnya yang melewati Jalur Selatan Jawa Barat. Namun hal tersebut dirasakan belum cukup terutama bagi para pelaku pariwisata. Padahal kabupaten Ciamis banyak destinasi wisata.

Sementara itu perjalanan KAJJ komersial untuk kelas eksekutif, bisnis, premium, hingga ekonomi plus kebanyakan berhenti di Banjar. Kebanyakan rute menuju Yogyakarta hingga Surabaya. Nah ini agak sulit karena penumpang kereta komersial harus ke Banjar dulu untuk menuju Ciamis.

Stasiun Kereta Api Ciamis : Hidup Berkat Political Will

Hal ini turut mengundang perhatian pejabat daerah Ciamis. Karena stasiun nya hanya disinggahi kereta ekonomi. Berkat peran serta pejabat daerah dalam wujud Political Will akhirnya mulai tahun 2018 beberapa kereta komersial pun singgah di sini.

Kabar baiknya lagi di Gapeka 2023, kecuali KA Malabar Pagi, semua KAJJ komersial berhenti di stasiun ini. Termasuk mantan kereta nomor satu jurusan Stasiun Surabaya Gubeng, KA Argo Wilis.

Jadwal Stasiun Ciamis (Gapeka 2023)

Di Gapeka 2023 Stasiun Kereta Api Ciamis melayani hampir semua perjalanan KAJJ lintas selatan Jawa Barat. Tercatat hanya satu yang berjalan langsung di sini, KA Malabar Pagi rute Bandung Malang PP. Selebihnya berhenti di sini. Berikut jadwal selengkapnya:

A. Stasiun Ciamis ke Bandung/Jakarta

B. Stasiun Ciamis ke Purwokerto/Jogja, Surabaya, Malang

Dukungan Untuk Pariwisata Kabupaten Ciamis

Dengan hampir semua Perjalanan KAJJ lintas selatan berhenti di Stasiun Kereta Api Ciamis, tentunya akan berdampak positif bagi perekonomian di Kabupaten Ciamis. Juga merupakan dukungan untuk kegiatan pariwisata di sana. Seperti diketahui bahwa terdapat banyak objek wisata di Kabupaten Ciamis. Mulai wisata alam, budaya, religi, sejarah, hingga pantai.

Kesimpulan

Stasiun Kereta Api Ciamis mulai beroperasi pada tahun 1894. Awalnya hanya layani kereta ekonomi. Namun seiring berjalan waktu dan political will dari pemerintah setempat, akhirnya hampir semua perjalanan kereta api lintas selatan dilayani di sini.

Hal ini akan berdampak positif bagi perekonomian. Juga sebagai bentuk dukungan kegiatan pariwisata di Kabupaten Ciamis. Di sini dalam sehari terdapat 26 perjalanan kereta. Rinciannya 13 arah barat dan 13 ke timur.

Galeri Foto