stasiun kutoarjo selamat datang di kedu raya (pintu masuk)

Stasiun Kutoarjo : Selamat Datang di Kedu Raya (Pintu Masuk)

Pasca Pandemi Covid-19 Stasiun Kutoarjo telah banyak berbenah. Bukan sekedar tempat transit. Lebih dari itu juga merupakan pintu masuk utama ke Kedu Raya. Salah satunya adalah Kabupaten Purworejo. Dimana stasiun ini berada.

Pendahuluan

Sebelumnya telah ada pembahasan tentang Stasiun Kutoarjo Purworejo. Namun itu adalah kondisi sebelum terjadi Pandemi Covid-19 yang sangat berdampak pada sektor Pariwisata dan Transportasi. Pembahasan tersebut juga lebih fokus ke Kutoarjo sebagai tempat transit.

Kondisi stasiunnya juga masih sebelum Pandemi. Pastinya seiring berjalan waktu ada banyak perubahan yang terjadi di sini. Paling mencolok tentu saja perubahan pada akses masuk dan keluar.

Waktu itu juga belum ada bus Transjateng yang memulai perjalanan dari Terminal baru yang terletak sekitar 1,25 km dari stasiun. Bahkan masih pakai terminal lama yang sejalan dengan stasiun.

Nah pembahasan kali ini akan mengangkat beberapa perubahan yang terjadi Pasca Pandemi. Juga posisi stasiun yang kini jadi gerbang masuk Kedu Raya. Hal yang terkait dengan keberadaan terminal dan Bus Transjateng.

Perubahan Akses Penumpang

Pandemi Covid-19 cukup memukul sektor Pariwisata dan Transportasi. Salah satunya ialah perkeretaapian. Namun di saat penumpang masih sepi dan kurang minat bepergian, di saat itulah perubahan terus dilakukan. Dalam hal Stasiun ini ialah akses untuk penumpang.

Pertama menyesuaikan dengan pola operasional Commuter Line Prameks. Sebelum Pandemi kita mengenal ini sebagai KA Prameks. Ketika itu punya dua rute yakni Solo-Jogja dan Solo Kutoarjo. Beroperasinya KRL Joglo membuat rute Prameks dipotong jadi hanya Kutoarjo sampai Stasiun Tugu Jogja.

Cara penyesuaiannya ialah membangun akses baru untuk penumpang Commuter Line Prameks. Dimana terdapat tapgate juga tapcard untuk cek dan update saldo Kartu Uang Elektronik (KUE). Adapun untuk penumpang KAJJ aksesnya dipisah. Meskipun masih dalam lokasi yang sama.

Ini adalah salah satu perubahan yang terjadi di sini Pasca Pandemi Covid-19. Akses jalan menuju parkiran untuk penumpang Commuter Line Prameks dilengkapi AC. Sehingga menambah kenanyamanan.

Stasiun Kutoarjo Kelas Berapa?

Disamping renovasi total tersebut, stasiun ini masih memiliki Dipo Lokomotif dan Kereta. Sehingga bisa diklasifikasikan sebagai Stasiun Kelas I (besar). Fasilitas yang dimiliki telah lebih dari cukup untuk menyandang status tersebut.

Stasiun Kutoarjo Sebagai Pintu Masuk Kedu Raya (Terkait Transjateng)

Di pembahasan terdahulu memang lebih terfokus pada tempat transit. Namun kini stasiun telah berubah menjadi pintu masuk wilayah Kedu Raya. Posisinya sendiri ada di Kabupaten Purworejo. Adapun wilayah Kedu Raya meliputi Purworejo, Magelang, Wonosobo, Temanggung, hingga Dieng.

Saat ini telah ada Bus Transjateng rute Kutoarjo Borobudur yang berangkat dari Terminal Kutoarjo Tipe B. Posisinya ada di sisi barat dan berjarak sekitar 1,25 km dari stasiun. Keberadaan bus ini sebetulnya telah cukup untuk menjadikan stasiun sebagai pintu masuk Kedu Raya.

Memang untuk Kedu Raya baru ada satu koridor Bus Transjateng. Meski demikian belum menutup kemungkinan untuk menambah lagi koridor selain yang sudah ada. Supaya peran stasiun bisa lebih oprimal lagi.

Apakah di Purworejo ada Stasiun Kereta Api ? (Selain Ini)

Stasiun Kutoarjo adalah yang utama di Kabupaten Purworejo. Selain layani Commuter Line Prameks, terdapat layanan KA Jarak Jauh ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, hingga Jember. Walaupun begitu masih ada beberapa stasiun lagi di Purworejo.

Dua Stasiun di Jalur Kereta Cilacap Jogja yakni Jenar dan Wojo. Commuter Line Prameks juga dilayani di sini. Ditambah satu lagi di Pusat Kota yakni Stasiun Purworejo. Namun sayang hingga kini masih non-aktif dan tengah diupayakan untuk reaktivasi.

Kesimpulan

Selain tempat transit, Stasiun Kutoarjo adalah pintu masuk wilayah Kedu Raya. Apalagi terbantu dengan adanya Bus Transjateng rute Kutoarjo Borobudur. Sebagai stasiun utama di Kabupaten Purworejo, terdapat layanan Commuter Line Prameks dan KA Jarak Jauh.

Galeri Foto

Lanjut ke Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo : Semua Kecuali Argo Solo

InSyaaAlloh pembahasan lanjut ke Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo : Semua Kecuali Argo Solo. Dimana stasiun ini banyak melayani perjalanan KA jarak Jauh ditambah Commuter Line Prameks.