jadwal kereta stasiun kutoarjo kecuali argo solo

Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo : Semua Kecuali Argo Solo

Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo. Gerbang masuk utama Kedu Raya ini melayani semua perjalanan kereta di lintas selatan. Hanya rangkaian kereta Argo Solo yang berjalan langsung. DIbagi berdasarkan segmen dan Gapeka 2023.

Pendahuluan

Sebelumnya kita telah membahas Stasiun Kutoarjo yang telah mengalami renovasi pasca pandemi Covid-19. Sekilas seperti nggak ada yang berubah. Namun untuk akses keluar masuk penumpang tentu ada perubahan.

Misalnya penumpang Commuter Line Prameks, aksesnya telah dilengkapi tap gate dan reader untuk mengecek saldo Kartu Uang Elektronik (KUE). Ruang tunggunya kini telah ber-AC. Tak hanya itu stasiun yang mulai beroperasi tahun 1894 ini telah jadi gerbang masuk wilayah Kedu Raya.

Pada kesempatan ini kita akan melanjutkan pembahasan Jadwal Perjalanan Kereta di stasiun ini. Karena melayani semua kereta kecuali Argo Solo, jadwal nya akan dibagi per segmen. Selain itu Kereta Kutoarjo apa saja (terminus di sini)?

Stasiun Kutoarjo Beroperasi 1894

Sebagai gerbang masuk wilayah Kedu Raya, stasiun ini dibangun pada tahun 1887 sebagai bagian dari Jalur Kereta Cilacap Jogja. Mulai beroperasi 1894. Merupakan stasiun besar di jalur tersebut bersama Stasiun Kroya dan Stasiun Tugu Jogja. Sejatinya di sini ada percabangan ke Purworejo. Namun hingga kini masih berstatus non-aktif dan dalam tahap reaktivasi.

Stasiun Kutoarjo Layani Lintas Selatan

Stasiun ini melayani seluruh kereta lintas Selatan pulau Jawa. Baik yang berasal dari Priangan maupun yang melewati Jalur KA Cirebon Kroya. Meliputi rangkaian kereta dari Jakarta, Cirebon, dan Purwokerto.

Terminus Commuter Line Prameks

Sejak beroperasinya KRL Joglo di Lintas Kereta Api Mataram (Vortenslanden), KA Prameks rutenya dipotong jadi hanya dari Stasiun Kutoarjo ke Stasiun Tugu Jogja dan sebaliknya. Otomatis terminusnya berubah.

Namanya pun kini menjadi Commuter Line Prameks setelah operasionalnya diambil alih PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI). Walaupun begitu untuk ticketing nya telah mengikuti KRL Joglo yakni bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE). Bahkan fasilitasnya telah tersedia, tap gate dan card reader.

Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo : Dibagi Berdasarkan Segmen dan Gapeka 2023

Dengan melayani semua perjalanan kereta kecuali Argo Solo, Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo akan dibagi berdasarkan segmen dan rute. Dimana terdapat rangkaian kereta yang diberangkatkan dari Jakarta, Bandung, Cirebon, Cilacap, dan Purwokerto.

Jakarta dan Priangan terdapat dua hingga tiga titik keberangkatan sehingga akan dibagi lagi. Untuk Jakarta, keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir, Jakarta Kota, dan Jakarta Pasar Senen. Sementara untuk Priangan dari Stasiun Bandung dan Kiaracondong.

Berikut adalah jadwal perjalanan selengkapnya sesuai Gapeka 2023 yang mulai berlaku tanggal 1 Juni 2023

Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo : Segmen Gambir

Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo : Segmen Jakarta Pasar Senen

Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo : Segmen Bandung dan Kiaracondong

Jadwal Stasiun Kutoarjo : Segmen Cilacap, Cirebon, dan Purwokerto

Kereta Kutoarjo Apa Saja? (Segmen Terminus Stasiun Kutoarjo)

Layanan Aglomerasi dan Commuter Line

Argo Solo Berjalan Langsung

Sayangnya di Jadwal Kereta Stasiun Kutoarjo ini, semua kereta Argo Solo berjalan langsung. Kereta ini melayani rute dari Solo Balapan ke Stasiun Gambir Jakarta dan sebaliknya.

Argo Solo yang dimaksud adalah KA Argo Dwipangga dan Argo Lawu. Dimana kedua kereta masing-masing punya 2 Perka. Perjalanan KA Argo Dwipangga memakai nomor 9 dan 10. Sedangkan Argo Lawu nomor 6 dan 7. Dimana ganjil berangkat Solo Balapan dan genap dari Stasiun Gambir Jakarta.

Galeri Foto