Cerita Tawang Jaya Premium : Downgrade Duksar 2019

cerita tawang jaya premium downgrade duksar di 2019

Apa yang dialami KA Logawa ternyata pernah juga terjadi di Tawang Jaya Premium. Kereta yang belum setahun dinas itu harus downgrade dukungan sarana dari Premium SSG1 ke Premium 2017 Mild Steel. Singkat cerita barter dengan KA Argo Parahyangan yang waktu itu jadi tambang uang.

Pendahuluan

KA Logawa telah dinas dengan duksar Premium SSG1. Rutenya pun telah diperpanjang sampai dengan Stasiun Ketapang. Namun hal itu nyatanya masih memunculkan pro kontra. Seolah Drama Logawa nggak akan selesai dalam waktu dekat. Terlebih dari sisi kenyamanan Premium SSG1 jelas masih jauh dibawah Ekonomi SSNG. Namun apalah daya. Semua juga untuk keselamatan perjalanan.

Downgrade dukungan sarana (duksar) itu sebetulnya bukan hanya terjadi di KA Logawa. Dalam sejarahnya udah banyak kasus. Pernah juga kejadian menimpa KA Mutiara Timur ketika rutenya udah diperpanjang ke Stasiun Tugu Jogja. Sang Legenda itu semula menggunakan SSG1 namun downgrade jadi mild steel. Bahkan memakai ekonomi plus kemenhub yang masih asli.

Ada contoh lain dan ini menimpa sebuah kereta yang sebetulnya belum ada setahun masa dinas. Seperti apa kejadiannya?

Tawang Jaya Premium Mulai Dinas 2018

Sebenarnya Tawang Jaya itu udah lama ada. KA Jarak Jauh kelas ekonomi yang melayani rute Semarang Poncol – Jakarta Pasar Senen PP tersebut telah ada sejak 14 Mei 1984. Namun pada tanggal 6 April 2018, PT. KAI meluncurkan KA Tawang Jaya Premium sebagai pengembangan. Terminusnya juga di Stasiun Semarang Tawang. Mesti tetap melayani Stasiun Semarang Poncol.

Tawang Jaya Premium Gunakan SSG1 Pertama

Kereta ini mendapat kehormatan menggunakan dukungan sarana (duksar) Trainset Pertama dari rangkaian kereta Premium SSG1 yang baru release di tahun 2018. Sekilas terlihat lebih elite daripada pendahulunya yang waktu itu statusnya masih kereta ekonomi PSO. Dengan duksar Premium SSG1 otomatis tarifnya komersial.

asalnya gunakan premium ssg1 batch ke 1 di 2018

Tahun 2019 Downgrade ke Premium New Image

Sayangnya belum setahun beroperasi KA Tawang Jaya Premium harus hadapi kenyataan downgrade duksar. Trainset Premium SSG1 yang bahkan telah stampel SMC harus dibarter dengan Premium New Image tahun 2017 yang sebelumnya milik KA Argo Parahyangan dan saat itu tengah dinas Pangandaran. Premium New Image nya dalam keadaan telah terstampel BD dan dinas sejak 2017.

Kabar yang beredar, downgrade tersebut adalah permintaan dari pihak Daop 4 Semarang sendiri. Khususnya Dipo Semarang Poncol (SMC). Memang duksar Premium New Image 2017-nya Argo Parahyangan aslinya kepunyaan Semarang. Namun ketika itu belum jelas mau dipakai untuk apa. Sehingga sementara waktu digunakan KA Argo Parahyangan. Kemudian lanjut Pangandaran.

Sementara pihak Semarang mendapatkan lagi miliknya, namun di sisi lain mesti menyerahkan trainset ke-1 Premium SSG1 ke Dipo Bandung (BD). Apalagi waktu itu koridor Jakarta Bandung merupakan tambang emas. Argo Parahyangan tengah banyak diminati lantaran jalan tol yang kerap dilanda kemacetan. Mendapatkan trainset ke-1 tersebut jelas merupakan keuntungan tersendiri.

meminta balik premium 2017 barter argo parahyangan

Jadi Memang Bukan Hal Baru

Belajar dari apa yang dialami oleh KA Tawang Jaya Premium, belum genap setahun sudah downgrade, dan kini terjadi lagi di KA Logawa, bisa disimpulkan bahwa downgrade memang bukan hal baru. Tak terkecuali untuk kereta yang baru dinas. KA Logawa itu bukan kereta baru. Tapi masih baru masuk jajaran elite dengan duksar K3 SSNG-nya.

Namun karena perpanjangan ke Ketapang dan alasan keamanan, KA Logawa nggak bisa berlama-lama menikmati status elite nya. Karena harus downgrade ke Premium SSG1.

Adapun Tawang Jaya Premium memang bukan alasan keselamatan perjalanan. Keinginan pemilik duksar untuk “memulangkan” Premium New Image 2017 dengan konsekuensi menyerahkan Trainset ke-1 Premium SSG1 ke Bandung (BD). Guna mendukung operasional KA Argo Parahyangan dan Pangandaran. Di koridor Bandung Jakarta yang sedang tinggi peminat pada saat itu.

Kesimpulan

Kejadian downgrade duksar seperti dialami KA Logawa bukanlah hal baru. Itu pernah dan biasa terjadi. Salah satunya di KA Tawang Jaya Premium yang baru dinas 6 April 2018. Namun pemilik duksar yakni Dipo Semarang Poncol (SMC) ingin memulangkan Premium New Image 2017 yang ada di Bandung (BD).

Terjadilah barter duksar dimana Dipo Bandung (BD) mendapatkan trainset ke-1 Premium SSG1. Duksar tersebut untuk mendukung operasional KA Argo Parahyangan dan Pangandaran. Waktu itu koridor Bandung Jakarta tengah tinggi peminat karena Jalan Tol yang sering macet.

Comments

Leave a Reply