Direct Train Bukan Barang Baru: Pernah Ada di Tahun 2019

direct train bukan barang baru pernah ada di tahun 2019

Masa liburan Nataru diramaikan oleh kemunculan Direct Train yang melayani rute Semarang dan Yogyakarta. Melintas langsung tanpa henti hingga destinasi akhir. Kereta semacam ini bukan barang baru. Karena pernah ada di tahun 2019.

Pendahuluan

Kereta Api masih menjadi moda transportasi favorit masyarakat yang akan berlibur di masa liburan Nataru tahun 2024 ini. Sejak awal dibuka pemesanan tiket langsung diserbu oleh calon penumpang hingga tak sedikit yang harus gigit jari. Nggak kebagian tiket untuk perjalanan dengan kereta reguler.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, PT. KAI menjalankan sejumlah kereta tambahan untuk mengakomodasi mereka yang nggak kebagian tiket itu. Namun ada perjalanan tambahan yang menjadi perhatian luas dan pastinya cukup diminati. Walaupun sebetulnya itu bukan barang baru. Apa itu?

Direct Train Gambir Semarang PP

Kereta yang menjadi perhatian itu adalah Direct Train yang menawarkan perjalanan langsung tanpa transit. Lho maksudnya gimana ya? Jadi gini kamu akan langsung tiba di tujuan tanpa keretanya berhenti di stasiun-stasiun yang dilewatinya. Awalnya kereta ini beroperasi di Jalur Kereta Pantura Barat. Tepatnya untuk rute Gambir Semarang PP.

Perjalanan langsung non stop dari Stasiun Gambir Jakarta hingga Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Bahkan ini melebihi KA Argo Bromo Anggrek yang menempati urutan teratas di Gapeka 2023. Kereta unggulan itu masih berhenti di Stasiun Cirebon. Tentu saja animo masyarakat sangat tinggi menyambut rute langsung non-stop ini.

Direct Train Gambir Yogyakarta PP

Sukses di rute Gambir Semarang PP membuat PT.KAI mengoperasikan rute lainnya yakni Gambir Yogyakarta PP. Dengan Yogyakarta sebagai destinasi wisata utama. Sama juga seperti sebelumnya, di sini bahkan titisan Eendaagsche Express pun masih berhenti di sejumlah stasiun.

Rute dari Stasiun Gambir Jakarta ke Stasiun Tugu Jogja ini beroperasi bersamaan dengan rute Semarang yang akhirnya dijalankan lagi karena minat yang tinggi.

Mengenang Kembali Argo Parahyangan Excellent

Sebenarnya modelan direct train yang langsung non-stop itu bukanlah hal baru. Tahun 2019 KA Argo Parahyangan yang waktu itu menjadi tambang uang PT. KAI pernah memiliki layanan Argo Parahyangan Excellent dari Stasun Gambir Jakarta langsung ke Stasiun Bandung dan sebaliknya Non Stop.

Bahkan kereta inipun berjalan langsung di Jatinegara Bekasi dan Cimahi yang biasanya jadi persinggahan. Argo Parahyangan Excellent tarifnya sedikit lebih mahal dari yang reguler. Dengan keunggulan itu Jakarta Bandung ditempuh kurang dari 3 jam (waktu normal). Kelebihan lain ialah adanya snack gratis.

Argo Parahyangan Excellent masih beroperasi di Gapeka 2019. Namun sayang Pandemi Covid-19 menghentikan layanan tersebut. Dengan titisan sang legenda Kereta Api Parahyangan itu hanya tinggal menyisakan dua sarana (trainset). Bahkan keberadaannya pun kini seolah terlupakan begitu saja.

Apalagi dengan beroperasinya Kereta Cepat Whoosh sejak 1 Oktober 2023. Pelanggan setia KA Argo Parahyangan mulai beralih menggunakan kereta cepat yang hanya menempuh waktu kurang dari 1 jam itu. Praktis KA Argo Parahyangan sekarang dalam kondisi hidup segan mati tak mau.

ka argo parahyangan excellent gambir bandung non stop

Kesimpulan

Kehadiran dua direct train yang melayani rute Gambir Semarang PP dan Gambir Yogyakarta PP menjadi perhatian di masa liburan Nataru. Walaupun model kereta non-stop itu pernah ada di tahun 2019 yakni Argo Parahyangan Excellent. Namun layanan itu terhenti sejak Pandemi Covid-19. Bahkan kehadiran Whoosh membuat KA Argo Parahyangan itu sendiri ibaratnya hidup segan mati tak mau.

Comments

Leave a Reply