Naik Kereta Feeder Whoosh ke Padalarang (Mudik Lebaran 2025)

naik kereta feeder whoosh ke padalarang mudik lebaran 2025

Perjalanan Naik Kereta Feeder Whoosh dari Bandung ke Padalarang adalah bagian pertama sebelum lanjut naik Kereta Cepat Whoosh ke Jakarta. Trip di tanggal 3 April 2025 dan masih dalam rangka Mudik Lebaran 2025.

Pendahuluan

Kereta Api masih menjadi moda transportasi favorit mudik lebaran 2025. Tak terkecuali Kereta Cepat Whoosh. Walaupun mungkin saat ini baru mencakup koridor kota bertetangga Bandung Jakarta, setidaknya sangat membantu buat yang sekedar mudik lokal. Nggak jarang juga yang habis naik Whoosh terus lanjut ke destinasi aslinya.

Namun untuk perjalanan mudik kali ini dari Bandung ke Jakarta. Memang agak lain. Biasanya mudik itu identik dengan meninggalkan Jakarta yang masih jadi pusat perputaran uang. Tapi ini mah kebalik ya, justru mudiknya malah ke Jakarta, bukan meninggalkan Jakarta. Ya itu karena aktivitas keseharian banyak di Bandung. Jadilah perjalanan ke arah barat tetap terhitung mudik.

Kereta Cepat Whoosh : Hemat Waktu Meski Mahal

Pilihan moda transportasi jatuh pada Kereta Cepat Whoosh. Meskipun di masa Libur Lebaran 2025 berlaku tarif batas atas yang paling tingginya Rp 350.000,00 untuk Premium Ekonomi. Meskipun begitu perjalanan dengan Whoosh masih lebih cepat dibanding Kereta Api Cikuray atau Sang Legenda Kereta Api Parahyangan.

Terlebih Dulu Naik Kereta Feeder Whoosh

Mengingat posisi di Kota Bandung berarti stasiun terdekat tentu saja Stasiun Kereta Api Bandung di Jalan Kebon Kawung. Seperti biasa sebelum naik Kereta Cepat Whoosh dari Stasiun Padalarang, lebih dulu kita menaiki Kereta Feeder Whoosh dari Stasiun Kereta Api Bandung. Ini adalah fasilitas gratis dari KCIC.

Perjalanan tersebut akan melintas di koridor Bandung-Padalarang yang terdiri dari 5 stasiun. Namun kereta ini hanya akan berhenti di satu stasiun saja yakni Cimahi.

Berangkat dari Jalur 7 Stasiun Kereta Api Bandung

Penumpang Kereta Cepat Whoosh yang akan menggunakan feeder menempati lounge khusus di sebelah timur. Kereta Feeder nya tentu menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan kereta cepat dari Stasiun Padalarang. Biasanya headway cukup berdekatan.

Tapi pihak KCIC membolehkan penumpang untuk menaiki feeder yang lebih awal. Nah berangkatlah ikut kereta feeder ini. Jadi nanti di Stasiun Padalarangnya agak lama. Penumpang kemudian diarahkan ke jalur 7 via skybridge Bandung.

Setelah mendapatkan kursi dan menunggu beberapa saat, kereta pun berangkat dari Jalur 7 Stasiun Kereta Api Bandung.

Stasiun Andir yang Belum Dibuka

Kereta Feeder Whoosh nggak lewat Stasiun Ciroyom karena berjalan di jalur yang biasanya dipake KA Jarak Jauh. Nampak Commuter Line Bandung Raya sedang berhenti di stasiun tersebut menunggu disusul kereta ini.

Perjalanan kemudian melintas langsung Stasiun Andir yang telah tuntas renovasinya tapi belum dibuka. Boleh jadi masih menunggu Fly Over Garuda nya jadi dulu supaya perjalanan kereta api bisa lebih lancar tanpa terganggu aktivitas di JPL Andir/Garuda.

Berikutnya ada Stasiun Ciroyom. Di sini juga melintas langsung. Stasiun ini berada di wilayah perbatasan antara Kota Bandung dan Kota Cimahi. Namun stasiunnya masih masuk wilayah Kota Bandung di Kecamatan Andir.

Naik Kereta Feeder Whoosh : Stasiun Cimah Satu-Satunya Pemberhentian

Perjalanan pun tiba di Stasiun Cimahi. Di sini kereta feeder nya menambah penumpang. Karena semua tempat duduk telah terisi sejak dari awal, udah pasti penumpang yang naik nggak kebagian. Sehingga mau nggak mau mesti berdiri.

Secara kereta ini hanya terdiri dari 4 kereta dan 1 kereta udah dipake untuk penumpang First Class dan Business Class. Berarti hanya tinggal 3 kereta aja yang tersisa untuk penumpang Premium Ekonomi.

Penumpang udah pada naik, pintu ditutup, kereta berangkat lagi dari Stasiun Cimahi. Bersiap menuju destinasi akhir.

Naik Kereta Feeder Whoosh : Tiba di Stasiun Padalarang

Perjalanan kini berada di wilayah Kota Cimahi. Sampai melintas di terowongan Jalan Nasional yang artinya itu udah di Kecamatan Ngamprah yang masuk Kabupaten Bandung Barat. Masih ada lagi satu Stasiun Gadobangkong yang masih menunggu aktivasi gedung barunya. Jelas lah di sini melintas langsung.

Jalur Kereta Cepat Whoosh telah nampak tepat di sebelah jalur eksisting. Tujuan akhir semakin dekat. Meskipun Whoosh nya masih lama karena tadi curi start, tetap aja mesti persiapan dulu. Sampai akhirnya announcer mengumumkan kereta akan tiba di Stasiun Padalarang.

Perjalanan Naik Kereta Feeder Whoosh masuk jalur 4 Stasiun Padalarang. Di sinilah perjalanan ini pun berakhir. Total perjalanan dari Stasiun Kereta Api Bandung ditempuh dalam waktu 19 menit.

Persiapan Lanjut Kereta Cepat Whoosh ke Jakarta

Beres Naik Kereta Feeder Whoosh di Stasiun Padalarang. Selanjutnya adalah naik ke lantai atas untuk transfer ke Kereta Cepat Whoosh yang akan mengantarkan ke Stasiun Halim Jakarta. Tapi sekali lagi karena ini masih lama, jadi masih bisa santai dulu di Stasiun Padalarang. Kebetulan juga udah masuk waktu ashar.

Kesimpulan

Sebelum menaiki Kereta Cepat Whoosh terutama bila berangkat dari Stasiun Kereta Api Bandung atau Cimahi, tersedia layanan Feeder dari KCIC yang bisa dinikmati gratis. Idealnya Naik Kereta Feeder Whoosh jadwalnya yang terdekat dengan keberangkatan Whoosh. Tapi boleh juga bagi yang berangkatnya masih agak lama untuk ikut dalam pemberangkatan ini. Dengan kata lain curi start.

Comments

Leave a Reply