jadwal ka pangandaran 2024 berkat political will dan whoosh

Jadwal KA Pangandaran 2024 : Berkat Political Will dan Whoosh

Jadwal KA Pangandaran 2024, sebetulnya kereta ini telah dihapus dari Gapeka. Adanya Political Will yakni permintaan dari Pemerintah Daerah di Priangan Timur. Ditambah beroperasinya Kereta Cepat Whoosh. Kereta Inipun beroperasi lagi mulai 24 Januari 2024.

Pendahuluan

Pembahasan tentang kereta yang satu ini, terutama di situs ini, seperti nggak pernah berakhir. Bahkan di awal tahun 2024 aja menemui babak baru. Padahal sejak pemberlakuan tarif normal pada Semester 2 tahun 2019, jumlah penumpangnya langsung anjlok. Bahkan kerap kali hanya bawa angin.

Alhasil sekitar bulan Maret 2020 PT. KAI sempat menghapus rute Bandung-Banjar dan hanya mengoperasikan rute Stasiun Gambir saja. Puncaknya ketika Pandemi Covid-19, kereta ini turut terkena dampak pembatasan mobilitas akibat penyebaran virus yang masif.

Di Gapeka 2021 statusnya menjadi Fakultatif. Bahkan ketika Gapeka 2023 mulai berlaku tanggal 1 Juni 2023, beneran dihapus. Namun karena ada request dari Pemda kawasan Priangan Timur dan beroperasinya Kereta Cepat Whoosh, tanggal 24 Januari 2024 kereta ini kembali dinas.

Before We Go : Sedikit Tentang KA Pangandaran

Sebelum melanjutkan pembahasan ke Jadwal KA Pangandaran 2024, lebih dulu kita akan sedikit membahas tentang kereta tersebut. Nggak usah panjang lebar karena di sini telah di bahas dalam beberapa konten terdahulu1.

KA Pangandaran pertama kali dinas tanggal 2 Januari 2019 sebagai pengembangan dari KA Argo Parahyangan. Juga sebagai branding wisata Pantai Pangandaran2.

Selama satu semester awal tiketnya diobral hingga Rp 1.000/pax. Namun setelah diberlakukan tarif normal, jumlah penumpangnya menyusut drastis. Okupansinya sangat minim dibawah 60%

Pandemi Covid-19 lantas menghentikan operasional kereta ini. Sempat jadi fakultatif di Gapeka 2021, KA Pangandaran akhirnya dihapus di awal Gapeka 2023.

Adanya permintaan dari Pemda kawasan Priangan Timur dan beroperasinya Whoosh, tertanggal 24 Januari 2024 KA Pangandaran kembali dinas.

KA Pangandaran 2024 Terselamatkan Political Will

Pemerintah daerah di Kawasan Priangan Timur telah lama mendambakan kereta eksekutif langsung ke Jakarta. Mengingat masyarakat yang hendak ke Jakarta hanya tersedia KA Serayu atau transit dulu di Bandung. Terutama setelah Pandemi Covid-19 berakhir.

Disaat yang hampir bersamaan muncul wacana penutupan KA Argo Parahyangan ketika Kereta Cepat Whoosh beroperasi. Namun karena ikatan sejarah, kereta itupun tetap eksis ketika Whoosh dinas 1 Oktober 2023. Tentunya dengan melakukan modifikasi pada rute dan layanannya.

Dua point itu merupakan Political Will yang akhirnya berhasil menghadirkan KA Pangandaran 2024. Permintaan Pemda ditambah modifikasi layanan KA Argo Parahyangan sebagaimana direncanakan sebelum Whoosh jalan. Bahkan selain Pangandaran juga ada dua kereta baru lainnya.

Jadwal KA Pangandaran 2024 : Fokus di Segmen Gambir

Di Jadwal KA Pangandaran 2024 sebetulnya nggak jauh beda dengan edisi sebelumnya. Stasiun pemberhentian terutama Priangan Timur belum mengalami perubahan signifikan. Malah sejatinya berkurang karena di Leles hanya melayani perjalanan ke barat.

Namun kali ini lebih fokus di Segmen Stasiun Gambir Jakarta Pusat. Nggak ada lagi rute Bandung. Sesuai dengan request nya layanan kereta eksekutif langsung ke Jakarta3. Penambahan stasiun pemberhentian hanya di Kiaracondong Bandung.

Jadwal KA Pangandaran 2024 : Gambir Banjar (KA 7028)

Jadwal KA Pangandaran 2024 : Banjar Gambir (KA 7027)

Pemberhentian di Warungbandrek, Ciawi, Bumiwaluya, dan Gedebage

Jika dilihat dari jadwal KA Pangandaran 2024 tersebut, ada pemberhentian Stasiun Warungbandrek, Ciawi, Bumiwaluya, dan Gedebage. Apakah bisa naik atau turun dari sana?

Pemberhentian di tiga stasiun yakni Warungbandrek, Ciawi, dan Bumiwaluya rata-rata berlangsung selaam 5-10 menit. Boleh jadi itu untuk keperluan silang atau susul dengan kereta lain. Namun umumnya persilangan bisa lebih dari 10 menit.

Mau Turun Tapi Tak Tersedia? Pilih Stasiun Terdekat

Sebetulnya untuk penumpang turun sih bisa aja ya. Namun pada saat reservasi tiket nggak tersedia opsi stasiun-stasiun tadi. Sehingga pilihlah stasiun yang terdekat. Misalnya dari Gambir ke Warungbandrek, berarti pilih Stasiun Cipeundeuy di tujuan akhir.

Belum Tersedia Fasilitas Boarding di Warungbandrek, Ciawi, dan Bumiwaluya

Namun untuk naik kereta ini yang masih belum jelas. Boleh atau nggak naik di stasiun-stasiun itu. Karena untuk menaiki kereta biasanya diperlukan proses boarding. Nah Stasiun Warungbandrek, Ciawi, dan Bumiwaluya belum menyediakan fasilitas boarding.

Apakah bisa boarding online? Inipun sepertinya ragu ya antara boleh atau nggak. Kalo boleh pun ujung-ujungnya pasti diminta verifikasi KTP oleh Kondektur ketika berada di atas kereta.

Pilihan stasiun asalnya misal mau ke Gambir tapi naik dari Bumiwaluya atau Warungbandrek paling Stasiun Cipeundeuy. Boarding online nya juga mengikuti di sana.

Gedebage dan Nagreg Hanya Layani Commuter Line

Jadwal KA Pangandaran 2024 untuk tujuan Stasiun Gambir Jakarta Pusat sebetulnya tersedia jadwal berhenti di Stasiun Gedebage. Buat yang turun harusnya bukan masalah tapi ketika booking tiket bisa pilih Kiaracondong sebagai tujuan.

Masalahnya bagi yang ingin naik dari sana. Contoh tujuan Gambir. Stasiun Gedebage memang menyediakan fasilitas boarding tapi hanya untuk Commuter Line Bandung Raya dan Garut.

Kalopun boleh naik kamu mesti memilih Leles sebagai stasiun keberangkatan dan boardingnya mengikuti jadwal di sana. Hal yang sama pun berlaku bila ingin naik dari Stasiun Nagreg. Juga sangat ditekankan untuk booking online mengikuti jadwal di Leles.

Jangan Sampai Didenda ya!

Terlepas dari boleh atau nggak nya kamu naik dari Warungbandrek, Ciawi, Bumiwaluya, Nagreg, dan Gedebage, paling penting adalah kehati-hatian. Terutama dalam memilih stasiun keberangkatan awal dan akhir.

Stasiun Warungbandrek dan Bumiwaluya terletak di segmen CibatuCipeundeuy. Lalu Ciawi di antara Cipeundeuy dan Tasikmalaya. Juga Nagreg dan Gedebage antara Leles dan Kiaracondong.

Bila pilihan nggak tersedia maka pilihlah stasiun setelahnya bila ingin turun. Adapun untuk keberangkatan bisa dipilih stasiun sebelumnya. Inti dari semua ini ialah dalam rangka menghindari denda. Bila melebihi tujuan akhir itu akan dikenakan denda dan kamu bisa jadi di suspend.

Perlu diperhatikan juga Jadwal KA Pangandaran 2024 -nya. Karena ini terkait dengan proses boarding bila ingin naik dari stasiun-stasiun tersebut. Dimana kamu harus boarding online mengikuti stasiun yang menyediakan layanan boarding KAJJ yakni Cibatu, Cipeundeuy, Tasikmalaya, dan Kiaracondong.

Harga Tiket KA Pangandaran

Setelah membahas Jadwal KA Pangandaran 2024 kurang lengkap rasanya tanpa tiketnya. Berapakah harga tiket KA Pangandaran 2024? Nantikan pembahasannya!

Galeri Foto


  1. KA Pangandaran sebelumnya pernah dibahas di sini:
    KA Pangandaran Berhenti Beroperasi? (Okupansi Minim)
    KA Pangandaran dan Galunggung Bandung Cibatu PP
    Kereta Api Pangandaran Harusnya Sampai Stasiun Sidareja
    Nasib Miris Kereta Api ke Banjar: Galuh Hingga Pangandaran
    KA Pangandaran 2024 : Akhirnya Balik Lagi! (Plus 2 Lainnya) ↩︎
  2. Sebetulnya letak Stasiun Banjar itu masih cukup jauh dari Pantai Pangandaran. Justru masih ada yang lebih dekat ke Pantai Pangandaran yakni Stasiun Sidareja di Cilacap Barat. Bahkan banyak wisatawan ke Pangandaran yang justru lebih memilih Stasiun Sidareja. Nah keberadaan kereta ini di tahun 2019 juga bertujuan untuk mempercepat reaktivasi jalur Banjar-Cijulang yang mana terdapat Stasiun Pangandaran di sana. ↩︎
  3. KA Pangandaran punya layanan kereta Panoramic, eksekutif, dan ekonomi premium. Tiga layanan tersebut sebetulnya telah ada di Argo Parahyangan. Tetap berlanjut ketika dimodifikasi menjadi Pangandaran ↩︎